PENGARUH PARKIR BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ( Studi Kasus Jalan Imam Bonjol Kota Metro )

Ida Hadijah, Leni Sriharyani

Abstract


Kota Metro merupakan salah satu kota pusat perdagangan, pemerintahan dan pendidikan. Kajian pada penelitian ini adalah pada ruas jalan Imam Bonjol yang merupakan jalur padat kawasan perdagangan dan memiliki kegiatan on street parking. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung besarnya penurunan tingkat kinerja jalan akibat kegiatan on street parking. Survey dilakukan selama 3 hari yaitu hari Sabtu, Minggu dan Senin. Pengamatan dilakukan selama 12 jam yaitu pukul 06.00 – 18.00 WIB. Perhitungan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997.

Penelitian yang dilakukan di jalan Imam Bonjol Kota Metro ini meliputi survey volume lalu lintas (Traffic Counting), yaitu mencacah semua jenis kendaraan yang melewati ruas jalan ini meliputi kendaraan berat, kendaraan ringan, motor cycle (sepeda motor) dan kendaraan tidak bermotor. Survey parkir , yaitu mengamati dan mencatat jumlah kendaraan keluar masuk on street parking.

Dari hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan on street parking sangat berpengaruh terhadap penurunan kinerja ruas jalan Imam Bonjol Kota Metro. Besarnya pengaruh penurunan kinerja jalan akibat kegiatan on street parking untuk hari Sabtu 0.19 hingga 0.40. Pada hari Minggu terjadi penurunan kinerja jalan dari 0.16 hingga 0.38. dan untuk hari Senin besarnya pengaruh penurunan kinerja jalan akibat kegiatan on street parking berkisar  0.24 hingga 0.50.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tapak.v5i2.130

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.24127/tp.v5i2.130.g106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats