ANALISIS POTENSI AIR TANAH DI KELURAHAN IMOPURO METRO DENGAN MENGGUNAKAN PERHITUNGAN METODE RESTY

Eva Rolia

Abstract


Kelurahan Imopuro – Metro Pusat dengan luas wilayah 119 ha dengan ketinggian 45 meter dari permukaan air laut dan curah hujan 181,3 mm/th tegolong dalam topografi dataran rendah. Berdasarkan peta konsevasi air tanah, Metro memiliki potensi air tanah sampai kedalaman 40 m yang dapat di gunakan  untuk kebutuhan rumah tangga dengan debit pengambilan maksimum 3,5 /hari/sumur. Sedangkan Pengambilan air tanah baru dapat dilakukan pada kedalaman 40 – 120 m, dengan debit pengambilan air 150 /hari/sumur.(sumber : Peta Zona konservasi air tanah).

Dari hasil penyelidikan dilapangan, di daerah Imopuro banyak terdapat rumah wallet yang dibangun secara berdekatan dan keseluruhan rumah wallet tersebut menggunakan sumur bor, untuk memenuhi kebutuhan air dalam pengelolaan rumah wallet. Selain itu daerah Imopuro pada saat ini tidak memiliki daerah tangkapan air hujan  yang memadai untuk proses peresapan air.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui potensi air tanah di Kelurahan Imopuro Kota Metro dengan menggunakan alat Geolistrik dan pengolahan data dengan menggunakan perhitungan Metode Resty. Tujuan penelitian ini  adalah :

Untuk mengetahui distribusi Resistivitas batuan untuk mencari letak dan kedalaman akuifer air tanah, dan mengetahui karakteristik akuifer pada daerah penelitian.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, di daerah kecamatan Imopuro bahwa kedalam 0 –  8 m merupakan jenis lapisan Kerikil, pada Kedalaman 8 – 47 m merupakan jenis lapisan Lempung, pada kedalaman 47 – 80 m merupakan jenis lapisan Lempung Shale, pada lapisan 80 – 234 m merupakan lapisan Batuan Dasar, pada lapisan 234 – 250 m merupakan lapisa  Batuan Pasir.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tapak.v4i2.137

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.24127/tp.v4i2.137.g113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.