PERENCANAAN PERKERASAN JALAN YANG EFEKTIF UNTUK RUAS JALAN SEPUTIH RAMAN – SIMPANG RANDU KECAMATAN SEPUTIH BANYAK KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Fery Hendi Jaya, Soni Hermawan

Abstract


Perkembangan teknologi jalan raya dimulai dengan sejarah perkembangan manusia yang selalu mencari kebutuhan hidup dan berkomunikasi, seiring dengan perkembangan teknologi yang ditemukan umat manusia. Tujuan pembangunan transportasi jalan adalah untuk meningkatkan pelayanan jasa transportasi secara efisien, handal, berkualitas, aman dan terjangkau pembangunan transportasi jalan ini diharapkan dapat mewujudkan sistem transportasi yang terpadu dengan pengembangan wilayah dan juga dengan transportasi yang lainnya, sehingga menjadi bagian dari suatu sistem distribusi yang mampu memberikan pelayanan dan manfaat bagi masyarakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji jenis perrkerassan yang efektif untuk menangani perkerasan jalan yang cocok di ruas jalan seputih raman – simpang randu kecamatan seputih banyak kabupaten lampung tengah. Dan untuk mengetahui perkerasan yang efektif untuk menangani kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebu yang nantinya dapat dijadikan salah satu acuan perencanaan untuk ruas jalan tersebut yang diharapkan nantinya dapat mengantisipasi dan mengatasi kerusakan yang terjadi di ruas jalan tersebut. Dari penelitian yang dilakukan pada ruas jalan seputih raman – simpang randu, dan telah dilakukan penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan Nilai Perhitungan diperoleh masing-masing tebal perkerasan yaitu :
a. perkerasan flexible pavement diperoleh lapisan pondasi atas 15cm dengan agregat kelas A dan lapisan permukaan 10cm dengan lapisan aus lataston AC-WC.
b. rigid pavement diperoleh tebal perkerasan rigid 30cm
c. Untuk Pondasi bawah Kedua perkerasan menggunakan agregat kelas B dengan tebal perkerasan 48 cm pada STA 0+000 sampai STA 0+250 dan tebal 58 cm pada STA 0+250 sampai Sta 0+500,Tetapi pada rigid pavement tebal agregat dikurangi 15 cm untuk agregat kelas A dan 15 cm untuk konstruksi betonn kurus atau lantai kerja.
Berdasarkan hasil penelitian dan pemberian point dari kedua metode diperoleh nilai flexible pavement sebesar 40 point dan nilai rigid pavement sebesar 39 point. Dengan harga konstruksi dari flexible pavement sebesar Rp. 3.072.685.000 dan rigid pavement sebesar Rp.4.447.626.000. Maka perbaikan yang efektif untuk ruas jalan seputih raman – simpang randu, adalah dengan perkerasan kaku (flexible pavement) dengan biaya pelaksanaan sebesar Rp. 3.072.685.000.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tapak.v6i1.271

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.24127/tp.v6i1.271.g222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.