PERENCANAAN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR JALAN HASANUDIN KOTA METRO

Ida Hadijah, Septyanto Kurniawan, Afdal Yusbi

Abstract


Jalan Hasanudin merupakan jalan yang menghubungkan akses keluar masuk di wilayah Kota Metro dan jalur menuju Kabupaten Lampung Timur. Ruas jalan tersebut banyak dilalui oleh kendaraan pribadi sampai kendaraan berat yang mengangkut hasil pertanian, ataupun hasil industri. Beberapa kendaraan yang melawati jalan tersebut mempunyai berat 2-12 tonase bahkan lebih, sehingga membuat jalan tersebut menampung beban yang berat. Kondisi saat ini jalan mengalami kerusakan yaitu seperti lapis permukaan jalan yang mengelupas, lubang lubang besar sampai tanah dasar dan bergelombang disepanjang jalan tersebut, bahkan bahu jalan yang ada dijalan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga kenyamanan dan kelancaran berkendara menjadi terganggu. Maka pada penelitian ini penulis akan merencanakan konstruksi perkerasan lentur berdasarkan nilai CBR tanah pada ruas jalan Hasanudin, Kota Metro, Provinsi Lampung. Pengambilan sampel tanah dilakukan menggunakan Alat DCP (Dynamic Cone Panetrometer) dan data tersebut dikorelasikan menjadi nilai CBR tanah dasar. Perencanaan struktur perkerasan lentur ruas Jalan Hasanudin Kota Metro menggunakan metode Bina Marga 2017 diperoleh ketebalan lapisan untuk perencanaan perkerasan lentur setebal 4 cm untuk Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC, setebal 6 cm untuk Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC), setebal 10 cm Asphalt Concrete Base (AC-BASE), dan setebal 30 cm Lapis Pondasi Atas A (LPA Kelas A).


Keywords


Perkerasan Kaku, Perkerasan Lentur

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tp.v13i1.2961

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.24127/tp.v13i1.2961.g1631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats