ANALISA PENGUJIAN GRADASI EKSTRAKSI CAMPURAN AC-BC HASIL PRODUKSI AMP (ASPHALT MIXING PLANT)

Agus Surandono, Masykur Masykur, Mahmud Mahmud Iskandar

Abstract


Jalan adalah sarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan termasuk
bangunan pelengkap yang diperuntukan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan
tanah, diatas permukaan tanah, dibawah permukaan tanah, dan/atau air, serta diatas
permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel. Sering ditemukan
teradinya kerusakan awal pada jalan-jalan yang baru diperbaiki ataupun ditingkatkan.
Kerusakan-kerusakan awal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain
adalah kesalahan desain, kesalahan pelaksanaan dan pengawasan, kesalahan pemanfaatan
faktor alam serta kesalahan yang tidak terduga seperti akibat bencana alam dan lain
sebagainya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan pekerjaan lapis
pengikat perkerasan jalan di Jalan Hajimena–Bandar Lampung terhadap JMF (Job Mix
Formula) dan standar yang digunakan SNI, adapun jenis pengujian yang dilakukan adalah
pengujian Ekstraksi dan Marshall pada campuran aspal beton AC-BC yang merupakan
lapisan pengikat perkerasan. Penelitian ini menggunakan sampel hasil Core Drill,
Campuran Aspal Beton AC-BC hasil beton aspal padat yang diambil di lapangan di Jalan
Hajimena–Bandar Lampung yang dilakukan pada tgl 16 Juli 2018.
Berdasarkan hasil penelitian uji Marshall Stabiliti pada hasil Core Drill dan
Marshall Stabiliti pada hasil beton aspal padat, Marshall Quotient pada hasil Core Drill
dan hasil beton aspal padat, menunjukan bahwa peningkatan kepadatan kadar aspal
campuran aspal beton padat AC-BC, dengan kadar aspal dalam JMF masing-masing
menunjukan bahwa hasil pengujian pada campuran aspal beton padat AC-BC yang
merupakan lapis pengikat perkerasan jalan pada Jalan Hajimena–Bandar Lampung
memenuhi standar JMF dengan kadar aspal 5,6%.
Kata kunci : Lapis Pengikat AC-BC, Exstraksi dan Marshall



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tp.v8i1.814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.