Analisis Eksperimental Kebisingan dan Tekanan Balik pada Three-Pass Perforated Muffler

Muhammad Yandi Pratama, Suprayitno Suprayitno, Prihanto Trihutomo, Sudirman Rizki Ariyanto

Abstract


Kebisingan kendaraan bermotor berdampak negatif terhadap kenyamanan dan lingkungan. Muffler berperan penting dalam mengurangi kebisingan gas buang, sehingga memerlukan pengendalian kebisingan yang efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik kebisingan dan tekanan balik pada three-pass perforated muffler, komponen penting dalam sistem knalpot kendaraan. Desain three-pass perforated muffler menggunakan prinsip akustik dengan tiga saluran dinding berlubang yang dirancang khusus, bertujuan meredam kebisingan dan mengendalikan tekanan balik gas buang. Penelitian ini menggunakan metode pengukuran akustik dan sensor tekanan. Prototipe muffler three-pass perforated diuji dalam berbagai skenario operasional, termasuk variasi putaran mesin. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif untuk analisis kebisingan dan tekanan balik. Evaluasi komprehensif dilakukan untuk mengukur kinerja muffler dalam mengurangi kebisingan dan tekanan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebisingan yang dihasilkan three pass perforated muffler masih berada di bawah ambang batas kebisingan yang diperbolehkan oleh Permen LHK tentang Baku Matu Kebisingan Kendaraan bermotor yakni sebesar 88 dB. Tekanan balik yang dihasilkan juga masih berada di bawah ambang batas yang diperbolehkan, mengacu pada Asosiasi VERT. Temuan ini memiliki potensi pada pengembangan solusi yang lebih efektif dalam mengendalikan kebisingan kendaraan bermotor yang lebih baik dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.


Keywords


Knalpot tiga saluran perforasi, analisis eksperimental, tekanan balik, sistem pembuangan gas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v12i2.2719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.