Pengujian Dan Analisis Air Fuel Rasio Terhadap Unjuk Kerja Engine Test Rig Berbahan Bakar E50
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen laboratorium yang menggunakan mesin uji tipe TV-1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan emisi gas buang motor empat langkah berbahan bakar E50 pada berbagai variasi AFR (air fuel rasio). Variasi AFR yang di gunakan dalam penelitian ini adalah AFR 10/1, 12/1, dan 14/1. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengujian pada putaran mesin 1.500 dan 1.800 rpm untuk setiap AFR. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa tabel dan grafik untuk menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BHP, BMEP, , SFC mengalami peningkatan pada rpm 1500 dan AFR 12/1 menggunakan bahan bakar E50. Pada kondisi tersebut diperoleh BHP sebesar 0,91 kw, BMEP sebesar 1.09 bar, sebesar 9.81%, dan SFC sebesar 0,83 kg/kwh. Pada kondisi yang sama yaitu AFR 12/1 diperoleh emisi CO dan CO2 untuk E50 adalah 0,053% dan 3,390% sedangkan untuk pertalite masing-masing adalah 0,083% dan 4,023%. Sementara itu untuk emisi HC bahan bakar E50 pada AFR 12/1 adalah 81,667 ppm yang menunjukkan trend yang sedikit lebih tinggi dari pertalite yaitu 40,000 ppm pada kondisi standar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v12i2.2818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro ISSN (online) : 2477-250X ISSN (cetak) : 2301-6663 | Editorial Address Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung HP: 0813-6909-0367 (Bambang Surono) E-mail: turbo@ummetro.ac.id; turboummetro@gmail.com; al.qodimy@gmail.com |
Â