Pemilihan Material Untuk Meningkatkan Kinerja Kendaraan Listrik Maung Galunggung Studi Kasus DI Universitas Mayasari Bakti
Abstract
Mobil listrik merupakan solusi pengurangan emisi karbon dan penggunaan bahan bakar fosil guna menciptakan transportasi berkelanjutan sehingga Universitas mayasari bakti berinisiatif membuat kendaraan listrik sederhana. Nama kendaraan listrik dari UMB adalah Maung Galunggung". Bagian-bagian dari mobil listrik adalah rangkanya. atau sasis. Perancangan EV maung galunggung menggunakan aplikasi solid work dan metode elemen hingga untuk menganalisis kekuatan material rangka hingga pemilihan material. Bahan rangka adalah AISI 1045. Bagian rangka adalah rangka utama dan rangka bawah. Rangka utama mempunyai tegangan maksimum pada bagian rangka. rangka berada 1,756 x 108 N/mm2 di bawah Tegangan luluh material yaitu 6,204 x 108N/mm2 sehingga aman digunakan. Regangan maksimum rangka depan adalah 9,8 mm. faktor keselamatan, rangka depan masih dapat dibebani 9,8 kali beban yang ditentukan. Untuk rangka belakang, tegangan maksimum adalah 1,622 x 108 N/mm2 lebih kecil dari tegangan luluh material 6,204 x 108 N/mm2. Oleh karena itu rangka dianggap aman, rangka belakang mempunyai regangan maksimum sebesar1,001 mm, dan rangka belakang dapat masih menahan beban 3,8
Keywords
Mobil listrik, rangka, perancangan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v12i2.2886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro ISSN (online) : 2477-250X ISSN (cetak) : 2301-6663 | Editorial Address Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung HP: 0813-6909-0367 (Bambang Surono) E-mail: turbo@ummetro.ac.id; turboummetro@gmail.com; al.qodimy@gmail.com, |