PENGARUH DIAMETER FILLER DAN ARUS PADA PENGELASAN TIG TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA KARBON RENDAH
Abstract
Terdapat berbagai jenis pengelasan yang dapat digunakan dalam proses
penyambungan logam, salah satunya adalah TIG (Tungsten Inert Gas). TIG yang juga biasa
disebut GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah jenis pengelasan yang menggunakan
panas dari nyala pijar yang terbentuk antara elektroda tungsten yang tidak terumpan dengan
menggunakan gas mulia sebagai pelindung terhadap pengaruh luar pada saat proses
pengelasan. Elektroda las menggunakan batang wolfram yang dapat menghasilkan busur
listrik tanpa ikut mencair. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi
arus dan diameter filler (kawat las) terhadap pengelasan baja karbon rendah. Penelitian ini
mengunakan las TIG dengan filler jenis ER 309L berdiameter 1,2 mm, 1,6 mm, 2,0 mm dan
2,4 mm. Bahan yang akan dilas adalah bahan baja karbon rendah dengan kuat tarik bahan
sebesar 36,37 kgf/mm2. Saat proses pengelasan, kuat arus yang yang divariasikan dengan
filler adalah 80A, 100A dan 120A. Kampuh yang dipakai adalah jenis kampuh V dengan
sudut 900. Untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan tersebut, spesimen pengelasan
dilakukan pengujian tarik dan foto stuktur mikro. Kuat tarik sambungan las tertinggi
ditunjukkan pada pengelasan yang menggunakan filler berdiamater 1,6 mm dengan kuat arus
120 A dengan kuat tarik sambungan sebesar 41,74 kgf/mm2. Kuat tarik terendah didapatkan
pada pengelasan yang menggunakan diameter filler 2,0 mm sebesar 39,71 kgf/mm2 dengan
mengunakan kuat arus 120A. Pengamatan struktur mikro difokuskan pada daerah HAZ (Heat
Affected Zone). Pada spesimen pengelasan yang mengunakan diameter filler 1,6 mm dengan
variasi kuat arus sebesar 80A, 100A dan 120 A. Terjadi peningkatan jumlah butiran ferit dan
mengecilnya butiran ferit di daerah HAZ pada setiap kenaikan arus dalam pengelasan.
Kata kunci: Baja karbon rendah, Filler, HAZ, Kuat Arus, TIG.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v6i1.467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro ISSN (online) : 2477-250X ISSN (cetak) : 2301-6663 | Editorial Address Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung HP: 0813-6909-0367 (Bambang Surono) E-mail: turbo@ummetro.ac.id; turboummetro@gmail.com; al.qodimy@gmail.com, |