KARAKTRISTIK PEMBAKARAN BERBAGAI JENIS BAHAN LIMBAH BIOMASSA DENGAN MENGGUNAKAN PROSES NONKARBONISASI

Kemas Ridhuan, Sepit Adya Putra

Abstract


Limbah biomassa merupakan sisa dari proses produksi atau usaha seperti sisa pertanian. Biomassa sisa pertanian memiliki nilai kalori yang cukup besar sehingga cukup baik dibuat arang beriket. Pembuatan arang dengan cara pembakaran memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga perlu pengaturan udara untuk pembakaran atau Nonkarbonisasi. Distribusi udara yang dibutuhkan sangat menentukan hasil arang yang didapat. Dan juga karaktristik limbah biomassa yang digunakan. Semakin banyak udara maka bahan bakar akan terbakan dan menjadi abu, sebaliknya semakin sedikit udara maka pembakarannya akan lebih lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karaktristik pembakaran nonkarbonisasi dari limbah sekam padi, kulit kelapa muda dan kulit durian dan mengetahui distribusi udara ke reaktor pembakaran. Metode yang digunakan yaitu menggunakan limbah biomassa sekam padi, kulit kelapa muda dan kulit durian. Kemudian membakaranya pada sebuah reaktor tertutup dengan menggunakan variasi lubang saluran udara, yaitu berbagai bukaan : ¼, ½, ¾, dan bukaan penuh. Kemudian diukur suhu udara masuk, suhu pembakaran, suhu gas asap buang dan suhu dinding reaktor serta waktu pembakaran juga berat sebelum dibakar dan berat setelah dibakar. Adapu hasil yang diapat yaitu sekam padi sebanyak 12 kg, kulit kelapa muda 16 kg dan kulit durian  kg. Semakin besar bukaan lubang udara maka suhu pembakaran lebih besar dan waktu pembakaran lebih cepat. Dan sebaliknya semakin kecil bukaan lubang udara maka suhu pembakaran akan lebih kecil dan waktu pembakaran akan lebih lama. Dan semakin kecil bentuk atau ukuran bahan bakar semakin lama waktu pembakaran dan suhunya cendrung stabil. Sebaliknya semakin besar bentuk atau ukuran bahan bakar maka waktu pembakarannya lebih cepat dan suhunya cendrung berubah-ubah.

References


Jalal Rosyidi Soelaiman. 2013. Perbandingan

Karakteristik Antara Briket – Briket Berbahan Dasar Sekam Padi Sebagai Energi Terbarukan. Jurusan Fisika, Universitas Jember.

Jamilatun, Siti. Maryudi. Setyawan, Martomo,

Kinerja Kombinasi Dari Alat Pirolisis Dengan Destilasi Secara Sinambung Dalam Memproduksi Asap Cair Tempurung Kelapa, Prosiding Seminar Nasional Teknoin, Vol.3, ISBN: 978-602-14272-0-0. Hlm. 40-46.

Djeni Hendra.2007. Pembuatan Briket Arang

dari Campuran Kayu, Bambu, Sabut Kelapa dan Tempurung Kelapa sebagai Sumber Energi Alternatif. UDC.

Pambayun, Gilar. Remigius. Rachimoellah.

Endah. Putri, 2013. Pembuatan Karbon Aktif Dari Arang Tempurung Kelapa Dengan Aktivator Zncl2 Dan Na2co3 Sebagai Adsorben Untuk Mengurangi Kadar Fenol Dalam Air Limbah Jurnal Teknik Pomits Vol. 2, No. 1, ISSN: 2337-3539, Hlm. 2301-9271.

Saptoadi, H., 2006. The Best Biobriquette

Dimension And Its Particle Size, The 2nd Joint International Conference On “Sustainable Energy And Environment (See 2006)” 21-23, Bangkok, Thailand.

Siahaan, Setyarini. Hutapea. Hasibuan. 2013.

Penentuan Kondisi Optimum Suhu Dan Waktu Karbonisasi Pada Pembuatan Arang Dari Sekam Padi, Jurnal Teknik Kimia, Univeritas Sumatera Utara, Vol. 2, No. 1,




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v4i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro
ISSN (online) : 2477-250X
ISSN (cetak)  : 2301-6663
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
HP: 0813-7989-1101 (Dwi Irawan) and 0822-8024-5320 (Eko Budi.) 
E-mail: turbo@ojs.ummetro.ac.id, dwi_irawan12@yahoo.co.id, ekobudiyantoiyan@gmail.com