ANALISIS PERFORMA SISTEM PENDINGIN RAMAH LINGKUNGAN UNTUK KABIN MOBIL CITY CAR MENGGUNAKAN MODUL TERMO ELECTRIC COOLER TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR
Abstract
Ramah lingkungan menjadi isu yang gencar dalam penelitian. Cloro Fluoro Carbon (CFC) yang digunakan dalam AC konvensional akan menguap ke udara bebas berdampak kerusakan lapisan ozon. Ditinjau secara micro dalam penggunaan sitem pendingin dapat diterapkan pada pendingin kabin mobil. System pendingin mobil konfensional menimbulkan 2 kerugian yaitu lebih boros bahan bakar karena couple pulley compressor AC membebani putaran mesin dan penggunaan CFC yang tidak ramah lingkungan. System pendingin ramah lingkunagan dan mampu menghemat bahan bakar mesin tersebut dapat kita temukan pada modul thermoelectric. terobosan baru sistem pendingin tersebut menggunakan modul pendingin Thermo Electric Cooler (TEC) yang memanfaatkan sisi dingin pada Thermo Electric Cooler (TEC) dengan memanfaatkan seaback effect . Thermo Electric Cooler (TEC) ketika dialiri tegangan DC (arus searah) pada kedua jalur kabel penghubungnya maka salah satu sisi akan menjadi panas, sementara sisi satunya akan menjadi dingin. Salahsatu cara yang dapat ditempuh untuk memaksimalkan proses pendinginan, maka sisi panas Thermo Electric Cooler (TEC) harus diturunkan temperaturenya serendah mungkin mungkin dengan menggunakan alat penukar kalor heat sink serta dibantu kipas(fan). semakin lama proses pendinginan, maka semakin optimal suhu ruangan yang didinginkan. Dari data Hasil pengujian dapat diketahui perangkat pendingin tersebut mampu bekerja dengan rate penurunan temperature memadai. Selanjutnya dapat dapat diaplikasikan sebagai alat pendingin ruangan yang efektif, efisien dan ramah lingkungan.
Kata kunci: Kabin mobil, Air Conditioner (AC) konvensional, Cloro Fluoro Carbon (CFC), Thermo Electric Cooler (TEC), komponen sistem pendingin.
Full Text:
PDFReferences
Ajiwiguna, Ayodha Tri. 2014. Teknik Sederhana Pemasangan Modul Termoelektrik / Peltier (Online) http://catatan-teknik.blogspot.co.id/2014/11/tekniksederhana-pemasangan-modul.html diunduh pada tanggal tanggal 02 Maret 2015 Darusman, Alan. MAKALAH AC(Online) https://www.scribd.com/doc/74893410/MAKALAH -AC diunduh pada tanggal 18 Februari 2015
Gutierrez, F dan Mendez, F. (2008). Generation Minimization of a Thermoelectric Cooler, The Open Thermoelectric Journal Vol.2, hlm. 79-80.
Malvino (1981). Prinsip-prinsip Elektronik. Jakarta: Erlangga.
Marsudi, Djiteng (2005). Pembangkitan Energi Listrik. Jakarta: Erlangga.
Mastbergen, Dan dan Dr. Bryan Willson. Tanpa Tahun. Generating Light from Stoves using a Thermoelectric Generator. Department of Mechanical Engineering Colorado State University
Ramdani, Mohamad (2008). Rangkaian Listrik. Jakarta: Erlangga.
MANGSUR. 2010. PENGEMBANGAN COOLBOX TIPE CB-02 MULTI FUNGSI RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS TERMOELEKTRIK UNTUK KENDARAAN RODA DUA (Online) http:///lib.ui.ac.id/file?file=digital/20284342-S1047Mangsur. pdf diunduh pada tanggal 02 Maret 2015.
Santosa, Budi Nurhadi. 2015. MENGENAL THERMOELECTRIC(PELTIER)(Online)
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v6i2.580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro ISSN (online) : 2477-250X ISSN (cetak) : 2301-6663 | Editorial Address Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung HP: 0813-7989-1101 (Dwi Irawan) and 0822-8024-5320 (Eko Budi.) E-mail: turbo@ojs.ummetro.ac.id, dwi_irawan12@yahoo.co.id, ekobudiyantoiyan@gmail.com |