PENGARUH GAS COOLER DAN FILTER PADA PROSES GASIFIKASI BIOMASSA CANGKANG BIJI KARET MENGGUNAKAN DOWNDRAF GASIFER

Bahtiar Muarif, Dwi Irawan

Abstract


Karet merupakan salah satu komoditas penting di indonesia maupun lingkup internasional. Dari perkebunan karet akan menghasilkan cangkang serta biji karet yang sangat banyak. Untuk para petani, biji karet sebagian hanya dijadikan bibit dan sebagian lain di buang sedangkan cangkang dari biji karet tersebut dianggap sebagai limbah oleh sebagian petani. Dari berbagai upaya cara penaggulangan limbah ini dapat dijadikan sebagai bahan bakar untuk gasifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan gas cooler dan filter terhadap suhu gas yang keluar dari burner dan untuk mengetahui pengaruh penambahan gas cooler dan filter terhadap lama waktu gas produktif yang keluar. Penelitian ini menggunakan variasi rangkaian A1 (reaktor, cyclone, dan burner), A2 (reaktor, cyclone, gas cooler dan burner) dan A3 (reaktor, cyclone, gas cooler, filter dan burner) dan penelitian dilakukan di desa Tanjung Intan, Kec. Purbolinggo, Kab.Lampung timur. Hasil penelitian ini menyebabkan temperatur syngas di burner turun sebesar 180C  setelah ditambahkan gas cooler dan turun 240C  setelah ditambahkan gas cooler dan filter. Lama syngas yang keluar bertambah 15 detik seteleh ditambahkan gas cooler dan bertambah lama 51 detik dengan pemasangan gas cooler dan filter. Penurunan temperatur syngas berdampak pada kualitas api yang semakin membaik, dimana suhu sebelum menggunakan gas cooler adalah 2530C sedangkan setelah penambahan gas cooler dan filter suhu api menjadi 3630C.

Full Text:

PDF

References


Reed, T.B. and Agua Das, 1988, Handbook of Biomass Downdraft Gasifier Engine Systems, Solar Energy Research Institute, Colorado.

Jakle, Rahmad. 2006. Uji Performansi Down-Draft Gasifier (Reaktor Gasifikasi) Biomass Tipe Imbert Dengan Gas Cooler Sebagi Salah Satu Unit Pemurnianya. Tugas Akhir Teknik Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rakhmatuloh, Akbar. 2013. Kajian Pembersihan Dan Pendinginan Gas Produksi Gasifikasi Biomassa Menggunakan Filter Serabut Kelapa. Tugas Akhir jurusan Teknik Pertanian, Universitas gajah mada. Yogyakarta.

Ciferno, Jared P., John J. Marano, 2002, Benchmarking Biomass Gasification Technologies for Fuels, Chemicals and Hydrogen Production. U.S. Department of Energy and National Energy Technology Laboratory.

Daniel, Hary,S. 2012. Kajian Pengaruh Kondisi Operasi Wet Gas Cleaner Terhadap Jumlah Kandungan Tar Dan Temperatur Producer Gas Hasil Gasifikasi. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Depok




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v4i2.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar
Dimensions
   
 
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro
ISSN (online) : 2477-250X
ISSN (cetak)  : 2301-6663
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
HP: 0813-6909-0367 (Bambang Surono) 
E-mail: turbo@ummetro.ac.id; turboummetro@gmail.com; al.qodimy@gmail.com, 
 

 

slot online