PENGARUH ARAH VARIASI PUTARAN DAN TUMBUKAN TERHADAP PERFORMA HASIL PENYEKIRAN MENGGUNAKAN MESIN SKIR KLEP

Eko Nugroho, Didik Saputra

Abstract


Motor bakar adalah mesin penggerak mula yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Motor bakar terbagi menjadi dua yaitu motor bakar dua langkah dan motor bakar empat langkah. Motor bakar membutuhkan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar dan menghasilkan pembakaran yang sempurna. Untuk motor bakar dua langkah kompresi dipengaruhi oleh kerapatan piston dan ring piston terhadap silinder. Berbeda dengan motor bakar dua langkah, motor bakar empat langkah membutuhkan kerapatan klep dan dudukan klep. Klep dan dudukan klep adalah alat yang bekerja dan berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dan udara keruang bakar dan mengalirkan gas buang sisa pembakaran ke jalur keluar. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh variasi arah putaran terhadap hasil penyekiran, mengetahui pengaruh tumbukan terhadap hasil penyekiran, mengetahui waktu yang efektif untuk hasil skir klep yang baik, mengetahui metode yang menghasilkan penyekiran klep yang baik. Jenis penelitiaan ini adalah pengujian eksperimental metode penyekiran dengan variasi saru arah putaran dengan tumbukan, satu arah putaran tanpa tumbukan, putaran bolak-balik dngan tumbukan dan putaran bolak-balik tanpa tumbukan. Berdasarkan hasil penelitian, dengan melakukan penyekiran dengan empat metode yang berbeda. Dapat disimpulkan bahwa metode penyekiran terbaik adalah metode satu arah putaran tanpa tumbukan. dari hasil pengujian didapatkan waktu kebocoran terbaik mencapai 7,2 menit, dengan waktu penyekiran 15 menit dan memiliki tekanan sisa terbaik yaitu 23,2 psi.

Full Text:

PDF

References


Arismunandar,Wiranto. 2005.Penggerak Mula : MOTOR BAKAR TORAK. Bandung. Penerbit : ITB.

Chemico Sales and Overseas Ltd. 2012. Safety Data Sheet: Double Ended Grinding Paste. (Online). Diakses: 15 Mei 2015.

Daryanto. 2007. MOTOR DIESEL PADA MOBIL. Bandung. Penerbit : CV. Yrama Widya.

Daryanto. 2010. TEKNIK SERVIS MOBIL. Jakarta. Penerbit : PT. Rineka Cipta.

Haliday, David, dkk. 2010. FISIKA DASAR Edisi ke-7 jilid 1.Terjemahan. Jakarta. Penerbit : Erlangga.

Hidayat, Wahyu. 2012. MOTOR BENSIN MODERN. Jakarta. Penerbit : PT. Rineka Cipta.

Kristanto, Philip. 2015. MOTOR BAKAR TORAK - Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Penerbit : CV. Andi Offset.

Marsudi. 2013. TEKNISI OTODIDAK SEPEDA MOTOR BEBEK.. Yogtakarta. Penerbit : CV. Andi Offset.

Purwanto, Budi. 2012. FISIKA untuk SMA kelas XI.Solo. Penerbit : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sularso. 1983. DASAR PERENCANAAN DAN PEMILIHAN ELEMEN MESIN. Jakarta. Penerbit : Pradnya Paramita.

Suratman, M. 2009. SERVIS DAN TEKNIK REPARASI SEPEDA MOTOR. Bandung. Penerbit: CV. Pustaka Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v4i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar
Dimensions
   
 
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro
ISSN (online) : 2477-250X
ISSN (cetak)  : 2301-6663
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
HP: 0813-6909-0367 (Bambang Surono) 
E-mail: turbo@ummetro.ac.id; turboummetro@gmail.com; al.qodimy@gmail.com, 
 

 

slot online