PENGARUH VARIASI BEBAN TERHADAP EFISIENSI SOLAR CELL DENGAN KAPASITAS 50 WP

Rusman Rusman

Abstract


Efek krisis energi di Indonesia masih sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia.  Energi listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, sejalan dengan meningkatnya laju pertumbuhan penduduk dan pembangunan di segala bidang. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik tersebut sekaligus penanggulangan kondisi krisis penyediaan tenaga listrik di beberapa daerah, maka dapat  memanfaatkan Potensi alam untuk dijadikan energi listrik. Salah satu Potensi alam sebagai sumber energi listrik adalah energi tenaga matahari. Matahari merupakan sumber energi utama bagi sebagian besar proses-proses yang terjadi dipermukaan bumi. Tujuan penelitian ini akan menghasilkan efisiensi solar cell dengan metode penelitian yang menggunakan beberapa beban yaitu 3 watt, 6 watt dan 9 watt dalam mempengaruhi efisiensi solar cell. Efisiensi dengan menggunakan waktu pengambilan data dari jam 08.00 sampai dengan 17.00. Hasil yang didapatkan yaitu untuk beban 3 watt yaitu menghasilkan efisiensi 84 % dan untuk beban 6 watt yaitu menghasilkan efisiensi 90 % serta beban 9 watt menghasilkan menghasilkan efisiensi 86 % sehingga disimpulkan bahwa efisiensi solar cell dengan kapasitas 50 WP maksimum pada jam 12.00 siang.

Full Text:

PDF

References


Ikhsan, 2013, Peningkatan Suhu Modul Dan Daya Keluaran Panel Surya Dengan Menggunakan Reflektor, Jurnal ilmiah Dosen pada Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar.

Solar Cell Panel termuat di

http://www.panelsurya.com/index.php/id/solar-cell. diakses 20 September 2015.

Heri, J, 2011, Pengujian Sistem

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Solar Cell Kapasitas 50wp, Jurnal Ilmiah.

Sumbung, H. F dan Letsoin, Y, 2012, Analisa dan Estimasi Radiasi Konstan Energi Matahari Melalui Variasi Sudut Panel Fotovoltaik Shs 50 Wp, Jurnal Ilmiah Mustek Anim Ha Vol.1 No.1 ISSN: 2089-6697 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Musamus Merauke.

Cengel, Y. A. (2002). Heat Tasfer a Partical Approach with EES CD, New York : McGraw-Hill Science Engineering.

Gambut, A. (2009). Modul 09

Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Jarman, 2014, Peran Sektor

Ketenagalistrikan Dalam Perc-epatan Pembangunan Perekonomi-an Nasional. Seminar Ketenaga-listrikan Percepatan Pembangunan Ketenagalistrikan Untuk Mendu-kung Pertumbuhan Ekonomi. Jakarta.

Nugroho. R. A, Facta. M, dan

Yuningtyastuti, 2010, Memaksi-malkan Daya Keluaran Sel Surya Dengan Menggunakan Cermin Pemantul Sinar Matahari, Jurnal Jurusan Teknik Elektro, Univer-sitas Diponegoro Semarang.

Outlook Energi Indonesoa (OEI), 2014. pusat teknologi pengembangan sumberdaya Energi, Jakarta

Simatupang. S, Susilo. B , Hermanto M. B, 2013, Rancang Bangun dan Uji Coba Solar Tracker pada Panel Surya Berbasis Mikrokontroler ATMega16, Jurnal Ilmiah Jurusan Keteknikan Pertanian - Fakultas Teknologi Pertanian - Universitas Brawijaya.

Sunaryo, dan Setiono.J, 2014, Analisis Daya Listrik Yang Dihasilkan Panel Surya Ukuran 216 Cm X 121 Cm Berdasarkan Intensitas Cahaya, Jurnal Ilmiah ISSN: 2339-028X Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau.

Wikipedia, Radiasi Matahari, termuat di http://id.wikipedia.org/wiki/Radiasi_Matahari diakses 20 September 2015.

Zuhal. 1992. Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v4i2.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar
Dimensions
   
 
TURBO : Jurnal Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro
ISSN (online) : 2477-250X
ISSN (cetak)  : 2301-6663
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
HP: 0813-6909-0367 (Bambang Surono) 
E-mail: turbo@ummetro.ac.id; turboummetro@gmail.com; al.qodimy@gmail.com, 
 

 

slot online