ANALISIS JUMLAH SUDU MANGKUK TERHADAP KINERJA TURBIN PELTON PADA ALAT PRAKTIKUM TURBIN AIR

Ahmad Yani, Budi Susanto, Rosmiati Rosmiati

Abstract


Energi air dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan memanfaatkan tenaga potensial yang tersedia (potensi air terjun dan kecepatan aliran). Turbin air merupakan salah satu mesin penggerak yang mana fluida kerjanya adalah air yang dipergunakan langsung untuk memutarkan runner turbin dan generator turbin sehingga menghasilkan energi listrik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instalasi turbin air jenis pelton dan dilakukan pengukuran terhadap putaran turbin dan generator, debit aliran, head turbin, tegangan listrik dan arus listrik dengan variasi jumlah sudu mangkuk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen berskala laboratorium sekaligus hasil rancang bangun turbin air ini digunakan sebagai alat praktikum Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh jumlah sudu terhadap kinerja prototype turbin air: (1) Kecepatan tangensial maksimum terjadi pada jumlah sudu 14 dengan nilai 12.769 rad/s dan kecepatan tangensial terendah terjadi pada jumlah sudu 18 dengan nilai 12.141 rad/s. (2) Nilai daya hidrolis pada penelitian ini 2.64 Watt. (3) Nilai daya kinetik pada penelitian ini 3.886 Watt. (4) Daya turbin maksimum terjadi pada jumlah sudu 14 dengan nilai daya turbin 112.262 Watt, kemudian daya turbin terendah terjadi pada jumlah sudu 18 dengan nilai 99.141 Watt. (5) Daya generator listrik maksimum terjadi pada jumlah sudu 14 dengan nilai daya generator listrik sebesar 0.736 Watt. Sedangkan daya generator listrik terendah terjadi pada jumlah sudu 18 dengan nilai daya generator listrik sebesar 0.661 Watt. (6) Efisiensi turbin maksimum terjadi pada jumlah sudu 14 dengan nilai efisiensi turbin 28.888 %. Efisiensi turbin terendah terjadi pada jumlah sudu 18 dengan nilai efisiensi turbin 25.512 %. (7) Efisiensi generator listrik maksimum terjadi pada jumlah sudu 14 dengan nilai generator listrik 0.736 %. Efisiensi generator listrik terendah terjadi pada jumlah sudu 18 dengan nilai efisiensi turbin 0.661 %.
Kata Kunci: Analisis, jumlah sudu, kinerja, turbin pelton.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arismunandar., W. (2004). Penggerak mula turbin, edisi kitiga ITB, Bandung.

Hamidi. Supandi. Dan Rohermanto, A, (2006). “Rancang Bangun Model Turbin Pelton Mini Sebagai Media Simulasi/Praktikum Matakuliah Konversi Energi dan Mekanika Fluida” Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak.

Prasetyo, G. dan Dharma, U. S, (2012) “Pengaruh Perubahan Laju Aliran Terhadap Tekanan dan Jenis Aliran yang Terjadi Pada Alat Uji Praktikum Mekanika Fluida”. Jurnal Turbo. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro. Lampung.

Susatyo, A. dan Hakim, L (2003) perancangan turbin pelton. Prosiding Seminar Nasional tanggal 29 – 30 Juni, pusat penelitian informatika – LIPI. Bandung

Yani. A, Mihdar dan Erianto. R (2016) “Pengaruh variasi bentuk sudu terhadap Kinerja Air turbin kinetik” ( Sebagai Pembangkit Listrik Daerah Pedesaan). Jurnal Turbo No. 1 Volume 5. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro - Lampung.

Thobari. A, Mustaqim, dan Wibowo H, (2013) “Analisa Pengaruh Sudut Keluar Sudu Terhadap Putaran Turbin Pelton” Jurnal ilmiah Faculty of Engineering, Universitas Pancasakti Tegal.

Yani. A, (2017) “Rancang bangun alat praktikum turbin air dengan Pengujian bentuk sudu terhadap torsi dan Daya turbin yang dihasilkan”. Jurnal Turbo No. 1 Volume 6. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro - Lampung.

Rosmiati, & Yani. A, (2017) “Pengaruh variasi diameter nosel terhadap torsi dan daya turbin air”. Jurnal Turbo No. 1 Volume 6.. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro - Lampung.

Yani. A, Mustafa. D dan Taqwa (2018) “Rancang bangun prototype pembangkit listrik tenaga Uap mini sebagai media praktikum mahasiswa”. Jurnal Turbo No. 1 Volume 7. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro - Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v7i2.805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.