LONG LIFE EDUCTION DALAM PERSPEKTIF HADITS (Suatu Tinjauan Pendidikan Sejak Pranatal dan Analisis Terhadap Kualitas Hadits Pendidikan Sepanjang Hayat)

Iswati Iswati

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang Konsep “Long life Education” dan menganalisa kualitas hadits mahsyur tentang hal tersebut yang selama ini menjadi sumber dalam pendidikan Islam. Long Life Education, sebuah istilah yang mempunyai makna “Pendidikan Sepanjang Hidup” atau pendidikan seumur hidup. Istilah ini sejalan dengan adegium masyhur yang sering dikemukakan ahli hikmah yakni “Uthlubul ‘ilma minal Mahdi ilal lahdi” yang artinya “Tuntutlah ilmu mulai dari ayunan hingga ke liang lahat”. Apabila  ungkapan itu dimaknai secara literal maka akan didapat suatu pemahaman bahwa pendidikan manusia hanya terbatas dari mulai seseorang dilahirkan hingga kematiannya. Ini jelas kurang tepat, untuk itu harus dimaknai secara kontekstual bahwa pengertian ayunan harus dimaknai sebelum dilahirkan, tepatnya sejak masih dalam kandungan. Pemaknaan demikian tentu lebih sesuai dengan yang dikehendaki Islam. Sampai saat  ini banyak  hadits sangat mahsyur terkait motivasi pendidikan sepanjang hayat yang dijadikan rujukan dalam pendidikan Islam. Meskipun hadits tersebut sangat mashyur di dunia pendidikan Islam, alangkah lebih baik jika kita menganalisa tentang kualitas hadits tersebut.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid Khon, Hadis Tarbawi ( Hadis – Hadis Pendidikan ), Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2012

Al Naisabury/II, tth : 451, Al Bukhari, tth : 143, Al Nawawi/XVI, tth : 193 dalam Tesis Ulya Nur maziyah, Pemikiran Ibnu Qayyim al Jauziyyah tentang pendidikan pranatal dalam kitabTuhfah al maudud bi Ahkam al Maulud, IAIN Wali Songo, 2012

Ayu Agus Rianti, Cara Rasulullah SAW Mendidik Anak, Jakarta:Media Service, 2014

Banjir Embun, Penelitian Kepustakaan: http://banjirembun.blogspot.co.id

/2019/04/17 penelitian-kepustakaan.html

Departemen Pendidikan Nasional RI, UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas ( Sistem Pendidikan Nasional ), Jakarta : Sinar Grafika , 2003

Departemen Agama RI, Al-Qur‟an dan Terjemahnya, Bandung: CV Diponegoro, 2000

Dwi Siswoyo,dkk,Ilmu Pendidikan, Yogyakarta:UNY Press,2008

Enizar, Hadis (Bahan ajar untuk mahasiswa prodi PBA), Metro : Stain Jurai Siwo Metro, 2009

Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

H.R. At Tirmidzi no. 1084, dihasankan Al-Imam Al Albani dalam Al Irwa no. 1868, Ash –Shalihah no.1022

M. Makagiansar, continuing Education in Asia and the Pasific, Bangkok : Uneso Prinsipal Pess, 1987

Mansur, Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2006

Muhammad Nashiruddin Al – Albani, Shahih Sunan Abu Daud (seleksi hadits Shahih dari Kitab Sunan Abu Daud ), Buku 1, Jakarta : Pustaka Azzam, 2007

-------------- ,Shahih Sunan At – Tirmidzi hadits, Jakarta : Pustaka Azzam, 2003

Mursid, Kurikulum dan Pendidikan Anak Usia Dini, Semarang: AKFI Media, 2010.

Ma’mur Daud, Terjemah Hadits Shahih Muslim, Juz 3, Jakarta : Fa. Wijaya, 1984

Qosim Koho, Himpunan Hadis Lemah dan Palsu, PT. Bina Ilmu, 2003. Dalam http://cnplus.wordpress.com/2012/03/31/hadis-tentang-menuntut-ilmu-uthlubul-ilma-walau-bishshiin/ di akses tanggal 23 April 2014.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2011

Ubes Nur Islam, Mendidik Anak dalam Kandungan: Optimalisasi Potensi Anak Sejak Dini, Jakarta: Gema Insani, 2004

http: unsiqpasca. Wordpress.com /2010/10/17/ categori/ makalah.

http://cnplus.wordpress.com/2012/03/31/hadis-tentang-menuntut-ilmu-uthlubul-ilma-walau-bishshiin/

www. Lidwa.com/App/

http://assalafy2.wordpress.com/dasar-dalam-memilih-calon-suami/

http:// myblog-h2ry.blogspot.com/2009/08/long-life-education.html?m=1,

http://abiubaidah.com/hadits-bathil-cina.html/

Zed, M, Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i2.1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.