PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM ISMUBA DI SMP MUHMAMMADIYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARATA

Yogi Wibisono

Abstract


Penelitian mini riset ini membahas tentang pengembangan dan implementasi kurikulum. Merujuk dari permasalahan yang dihadapai dunia pendidikan di era globalisasi dan tekhnologi yang signifikan perkembangannya, pengembangan dan pengimplementasian kurikulum penting dalam pendidikan untuk menciptakan proses pembelajaran yang produktif, efesien dan kratif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru terhadap kurikulum ISMUBA dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan  menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data di lapangan dilakukan dengan reduksi data, pengorganisasian dan pengolahan data sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan kurikulum di SMP Muhammadiyah Pakem, tidak menggunakan kurikulum pendidikan agama Islam, melainkan menggunakan kurikulum ISMUBA, yaitu produk majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah.  Pengembangan kurikulum ISMUBA dilaksanakan dalam dua sisi, yaitu intenal dan eksternal. Hasil analisis field research, pengembangan dan implementasi kurikulum ISMUBA bisa dikatakan baik dan kompleks. Tetapi diperlukan evaluasi guru untuk selalu berinovasi dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.

Amin. A. Rifqi. Sistem Pembelajaran pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannyaâ€, dalam Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. XI, No. 1, Agustus 2011.

Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Fandi Ahmad, Pemikirian K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta,Profetika, Jurnal: Studi Islam, Vol. 16, No. 02, Desember, 2015.

Hitami, Munzir. Mengonsep Kembali Pendidikan Islam. Pekanbaru: Infite Press, 2004.

Juwariyah. “Kurikulum Ideal Antara Cita dan Realitaâ€, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 2, 2004.

Lampiran Surat Keputusan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Tentang Standar Guru ISMUBA, BAB V, No. 98/KEP/l.4/F/2017.

Mansur, Mahfud Junaidi. Rekonstruksi Sejaran Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Departemen Agama RI, 2005.

Mardiah, Radiatan dkk., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Ujian Nasional di Kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambiâ€, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat No. 55 Tahun 2013.

Mulyono, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran ISMUBA, Mudarisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 1, Juni 2014.

Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2010.

Nasir, Muhammad. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Madrasahâ€, Jurnal Hunafa, Vol. 6, No.3, Desember 2009.

Nasution, S. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Nurdin, Syafruddin. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Putra, Kristiya Septiyan. “Implementasi Pendidikan Agama Islam melalui Budaya Religius (Religius Culture) di Sekolahâ€, Jurnal Kependidikan, Vol. III No. 2 November 2015.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomer. 19, Tentang Standar Nasional Pendidikan, BAB VI, Pasal 28, tahuan 2005.

Sudja’i, Achmad. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Akfi Media, 2013.

Suliswiyadi, Pembelajaran Al-Islam Reflektif, UMMgl Press: Gramasurya, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2009.

Tim Penyusun, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Dinas Pendidikan, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i2.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.