PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII A MTs NEGERI 4 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2019-2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode Mind Mapping dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resarch). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Negeri 4 Bantul tahun pelajaran 2019-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar secara signifikan. Prosentase motivasi belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 66.66%, siklus 2 pertemuan 2 naik menjadi 93,33%. Prosentase hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 16,66% yang tuntas. Pada siklus 1 naik menjadi 86.66% dan pada siklus 2 mengalami kenaikan lagi menjadi 96,66% yang tuntas. Penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan melakukan modifikasi dalam hal; penggunaan metode dan media yang menarik, pengaturan pengelompokan siswa dan tempat duduk, serta strategi pengelolaan kelas yang efektif.
Full Text:
PDFReferences
Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovati dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2014.
E. Mulyasa, Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1991.
Shanaz, Chaterine, Memori Super Melatih Anak Agar Memiliki Daya Ingat Luar Biasa. Jogjakarta: Starbooks, 2010.
Tony Buzan, Buku Pintar Mind Map, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis Dan Implementasinya, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung; PT Remaja Rosda Karya, 2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i2.1128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.