URGENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM MEMPERBAIKI PRAKSIS PEMBELAJARAN

Lailya Mufidah

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan bentuk penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru secara sistematis reflektif untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas dan meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi guru yang profesional. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran menjadi lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperbaiki praksis pembelajaran. Adanya tindakan-tindakan tertentu yang dilakukan oleh peneliti (guru) untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran menjadi karakteristik khas dari penelitian tindakan kelas. Adapun fokus kegiatan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas antara lain; planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Setelah melakukan penelitian tindakan kelas, peneliti (guru) membuat laporan penelitian tindakan kelas. Hal yang perlu ditulis pada laporan penelitian tindakan kelas setidaknya memuat beberapa aspek yang berkaitan dengan keadaan kelas, hasil setiap siklus, dan analisis keseluruhan siklus. Karya ilmiah yang telah dibuat oleh peneliti (guru) bisa dipublikasikan melalui penerbitan ataupun presentasi.

Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; guru; kualitas pembelajaran



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v4i02.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.