OPTIMASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA

Unik Hanifah Salsabila, Angga Yuniarto, Natyanisa Satriafitri, Diniati Putri Vikasari, Diana Hasni Marfu’ah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi teknologi pembelajaran apa saja yang digunakan di SLB Islam Qothrunnada, mendeskripsikan pengimplementasian teknologi pembelajaran tersebut dalam pembelajaran PAI, serta mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknologi pembelajaran tersebut bagi guru dan peserta didik di SLB Islam Qothrunnada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga dikembangkan menggunakan studi literatur dengan merujuk pada jurnal dan sumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Luar Biasa (SLB) Islam Qotrunnada sudah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi yang meliputi tiga unsur yaitu platform berbasis komunikasi menggunakan Whatsapp, Google Meet, Google Classroom, dan Zoom; teknologi berbasis audio; dan berbasis audio visual menggunakan aplikasi Kinemaster, Canva, Adobe Ilustrator, serta Corel Draw. Implementasi teknologi pembelajaran tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan siswa, mengingat siswa disekolah tersebut terdiri dari beragam keterbatasan. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran di SLB Islam Qothrunnada tersebut memberikan pengaruh positif maupun negatif bagi guru ataupun bagi peserta didik itu sendiri.


Keywords


Teknologi Pendidikan, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Agama Islam



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v6i2.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.