PEMANFAATAN APLIKASI AL-QUR’AN INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA

Unik Hanifah Salsabila, Ummi Zahratul Mufidah, Fania Ufairoh, Yulia Luthfiyani Azizah, Vitya Qotrunnada

Abstract


Digitalisasi dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk dari kemajuan teknologi, dengan adanya digitalisasi media yang berbentuk hard copy menjadi soft file, serta digitalisasi juga dapat memberi kemudahan termasuk pada saat proses pembelajaran PAI. Akan tetapi, jika digitalisasi tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara optimal pada proses pembelajaran PAI, maka dapat mengakibatkan dampak negatif bagi siswa. Maka, tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui implementasi serta manfaat aplikasi Al-Qur’an Indonesia pada pembelajaran PAI, keunggulan aplikasi Al-Qur’an Indonesia, serta faktor yang menjadi penghambat dan pendukung penerapan aplikasi Al-Qur’an Indonesia terhadap pembelajaran PAI. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini, menggunakan metode deskriptif analitik dengan tipe data kualitatif. Tulisan ini mengungkapkan bahwa dalam upaya meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pemahaman PAI terutama pada pemahaman baca Al-Qur'an, guru dapat menggunakan aplikasi Al-Qur'an Indonesia sebagai media pembelajaran berbentuk digital. Dengan didukung oleh fitur-fitur yang baik pada aplikasi Al-Qur'an Indonesia, tentunya memberikan kemudahan bagi penggunanya. 


Keywords


Pemanfaatan, Aplikasi, Al-Qur’an



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v6i2.2391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.