STRATEGI GURU UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN MENGGUNAKAN METODE QIRO’ATI DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU NURUL IMAN DEPOK

Siskha Putri Sayekhti, Mufida Al Zahra

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Alquran. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara didapati siswa yang kesulitan membaca Alquran. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui pembelajaran membaca Alquran di MIT Nurul Iman Beji Depok, 2) Mengetahui bentuk kesulitan dan faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam membaca Alquran di MIT Nurul Iman, 3) Mengetahui Strategi guru dalam mengatasi kesuitan membaca Alquran di MIT Nurul Iman Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian field research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi kepala sekolah MIT Nurul Iman, guru PAI, Siswa-siswi di MIT Nurul Iman Beji Depok. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tiga teknik yaitu redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa : 1) Pembelajaran Alquran di MIT Nurul Iman menggunakan metode Qiro’ati dimana siswa dikumpulkan berdasarkan kemampuan membaca Alquran bagi siswa-siswi yang kurang dalam membaca Alquran bagi siswa-siswi yang masukkan sesuai dengan kelompoknya, 2) Bentuk kesulitan yang dihadapi dalam siswa-siswi MIT Nurul Iman dalam membaca Alquran ialah makhrojul huruf masih kurang tepat, mengenal harokatnya, ilmu tajwid, dan Panjang pendek bacaan, 3) Strategi guru PAI MIT Nurul Iman lebih banyak mengarah ke sisi motivasi, dan membuat suasana pembelajaran kondusif dan menyenangkan. Kemudian memaksimalkan metode dan media yang ada dalam pembelajaran membaca Alquran.


Keywords


Strategi Guru, Qiro’ati



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v6i2.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.