PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI LAMPUNG TIMUR

Muhammad Ihsan Dacholfany, Retnowati Retnowati, Agus Sutanto, Heri Cahyono, Iswati Iswati

Abstract


Pada realita bidang ini khususnya di kecamatan Way Jepara Lampung Timur – Lampung dapat dikatakan bahwa manajemen kepala sekolah dan kinerja guru masih belum menunjukkan hasil yang baik sehingga mengakibatkan belum optimalnya kompetensi pedagogik guru. Desain dalam Penelitian ini ialah expost facto serta metode riset yang digunakan kuantitatif. Populasi dari riset ini guru pada Sekolah Menengah Atas Kecamatan Way-Jepara Lampung Timur sebanyak 57 guru. Pengambilan sampel memakai rumus Issac dan Michael diketemukan sebanyak 47 guru yang mewakili, sedangkan teknik sampling ialah Proporsional random sampling dengan memperhatikan status guru yang ada di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Way- Jepara Lampung Timur. Hasil riset membuktikan bahwa Secara bersama-sama kinerja manajemen kepala sekolah dan kompetensi pedagogik memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dan besaran pengaruh yang didapatkan ialah sebesar 67,6%. Agar kinerja guru dapat berjalan dengan baik, maka kemampuan dasar dalam melaksanakan tugas guru yang dilihat dari kemampuan mendesain pembelajaran, kemampuan menerapkan atau mengelola proses belajar mengajar, wajib diperhitungkan guna meningkatkan kinerja guru.


Keywords


Manajemen kepala sekolah, kompetensi pedagogik, kinerja guru



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v6i2.2432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.