STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMP NEGERI 2 TUREN
Abstract
Penelitian ini membahas tentang krisis karakter dan pentingnya pendidikan agama dalam mengembangkan nilai dan moral yang baik pada siswa. Penelitian ini berfokus pada strategi yang digunakan oleh kepala sekolah SMP Negeri 2 Turen untuk meningkatkan religiusitas siswa, dan Hambatan- Hambatan yang di hadapi dalam meningkatkan religiusitas kepada siswa Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa ketidakstabilan emosi selama masa pubertas dapat menyebabkan penurunan religiusitas, tetapi hal ini dapat diminimalkan melalui penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari dan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk menekankan pentingnya upaya kolaboratif antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mengembangkan karakter siswa. Studi ini menunjukkan bahwa tingkat religiusitas di antara siswa di SMP Negeri 2 Turen tinggi, yang disebabkan oleh penanaman agama sejak kecil. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan religiusitas meliputi pelatihan, kegiatan keagamaan, dan hukuman. Namun, faktor seperti latar belakang keluarga, teknologi, dan lingkungan dapat menghambat pertumbuhan religiusitas. Studi ini menyimpulkan bahwa praktik perilaku yang baik dan penerapan strategi yang efektif dapat membantu meningkatkan religiusitas di antara siswa.
Keywords
Full Text:
Untitled (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.