POTRET GERAKAN INTELEKTUAL DAN INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA BESERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Abstract
Pendidikan bagi umat manusia merupakan suatu sistem dan cara untuk meningkatkan kualitas hidup dalam segala bidang, oleh karena itu pendidikan dijadikan sebagai jalan untuk membimbing setiap orang sebagai individu dan warga negara dalam meningkatkan kualitas hidup. Gerakan pendidikan merupakan upaya mengubah pemikiran dan cara pandang intelektual yang dapat membentuk berbagai pola pemikiran, yaitu pemikiran murni yang bertujuan untuk mengembalikan kejayaan Islam dan meningkatkan kehidupan masyarakat dari segi aspek keilmuan dan kehidupan sosial ekonomi oleh para intelektual dan cendekiawan muslim dengan didukung oleh berbagai faktor pendukung maupun penghambatnya. Dengan dukungan berbagai faktor, gerakan ini berupaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan prinsip-prinsip modernitas dan rasionalitas, sehingga masyarakat Muslim dapat mengembangkan pemikiran yang lebih maju dan lebih terbuka terhadap perubahan. Penulisan artikel ini menggunakan methodologi kajian pustaka untuk mencari informasi mengenai pendidikan yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia, salah satu kesimpulan yang didapat adalah bahwa gerakan pendidikan Islam mengajarkan nilai-nilai Islam dan mendorong keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memajukan masyarakat Islam. Dalam konteks yang lebih luas, gerakan pendidikan dapat memainkan peran penting dalam membentuk peradaban yang lebih maju dan berdaya saing.
Keywords
Full Text:
Untitled (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.