STRATEGI MANAJEMEN MUTU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI SEKOLAH ISLAM (TINJAUAN PRAKTEK DI MTS NEGERI 1 PAHOMAN BANDAR LAMPUNG)
Abstract
Manajemen mutu adalah pendekatan sistematis yang berfokus pada perencanaan, pengendalian, dan peningkatan kualitas untuk memenuhi harapan pelanggan dan mencapai keunggulan kompetitif. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Pendekatan ini memungkinkan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman dan perspektif subjek penelitian serta menganalisis data yang relevan. Hasil pembahasan dan analisis di atas adalah bahwa strategi Manajemen Mutu yang telah diterapkan di MTs Negeri 1 Pahoman Bandar Lampung untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melibatkan pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan, komitmen penuh, dan pengelolaan yang menyeluruh. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi strategi manajemen mutu termasuk kepemimpinan dan komitmen manajemen yang kuat, keterlibatan aktif dan partisipasi pemangku kepentingan, serta ketersediaan sumber daya yang cukup. Tingkat keberhasilan implementasi strategi manajemen mutu di MTs Negeri 1 Pahoman Bandar Lampung telah mencapai tingkat yang signifikan, dengan peningkatan partisipasi pemangku kepentingan, perbaikan proses dan sistem, serta peningkatan kualitas pendidikan. Kelebihan strategi manajemen mutu meliputi peningkatan kesadaran kualitas, pembangunan budaya mutu, dan kepuasan pemangku kepentingan, sedangkan kekurangan strategi manajemen mutu meliputi tantangan implementasi, sumber daya terbatas, dan evaluasi serta pemantauan yang tepat.
Keywords
Full Text:
Untitled (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.