MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Di MTs N KOTA BATU

Reinikah Fajarani, Romelah Romelah, Zulfikar Yusuf

Abstract


Permasalahan dalam penilitian ini adalah rendahnya minat dan semangat peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, dimana rata-rata peserta didik kurang menyukai pelajaran sejarah Kebudayaan Islam karena penggunaan model pembelajaran yang monoton, materi yang panjang, sulit diingat dan dipahami. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran sejarah Kebudayaan Islam mulai dari membuka pembelajaran, kegiatan inti, dan menutup pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning di MTsN Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini guru telah melakukan proses pembelajaran dengan baik dan benar. Mulai dari membuka pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dari pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi dan kesimpulan, serta guru menutup pembelajaran dengan memberikan penguatan dan kesimpulan.


Keywords


Model Discovery Learning, Sejarah Kebudayaan Islam



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i2.2972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.