TOTAL QUALITY MANAJEMAN DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN PROSES PENDIDIKAN

Nur Hidayah

Abstract


Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan pengelolaan proses pendidikan dianggap sebagai elemen krusial dalam membentuk dan memberikan warna pada gaya hidup masyarakat. Oleh karena itu, perhatian yang serius terhadap isu manajemen menjadi penting karena memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kontribusi Total Quality Management dalam meningkatkan pengelolaan proses pendidikan, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan fokus pada Library Research. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, dengan sumber data yang diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang membahas Total Quality Management dalam konteks peningkatan pengelolaan proses pendidikan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Content Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian pengelolaan proses pendidikan melalui Total Quality Management memerlukan serangkaian langkah, termasuk orientasi pada pelanggan, pemahaman terhadap proses, peningkatan berkelanjutan, partisipasi penuh, manajemen berbasis fakta, pelatihan dan pengembangan, serta pendekatan sistem. Berdasarkan temuan tersebut, peningkatan proses pengelolaan pendidikan harus dilakukan secara berkelanjutan dan terus-menerus. Total Quality Management diakui sebagai salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan pengelolaan proses pendidikan di lembaga pendidikan, menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan dengan cara yang paling efektif.


Keywords


Total Quality Management, Pengelolaan, Proses Pendidikan



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i2.2995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.