SUPERVISI DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Nuryadin Ali Mustofa, Siti Patimah, Subandi Subandi, Deden Makbulloh

Abstract


Supervisi dan mutu pendidikan adalah dua hal yang saling terkait dan memiliki hubungan kausalitas. Supervisi dilakukan untuk memberikan bantuan atau bimbingan kepada guru agar dapat meningkatkan profesionalitasnya dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Berbagai kelemahan masih ditemukan dalam pelaksanaan supervisi, baik dari sisi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun metodologi pengimplementasiannya. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi pendidikan di sekolah, serta perannya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis riset kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder, yaitu berupa buku-buku dan arikel yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Supervisi memiliki peran penting dalam menigkatkan mutu pendidikan, karena pengawasan, pembinaan dan assessment dari supervisor, berkonstribusi terhadap peningkatan kualitas dan kinerja pembelajaran, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Keywords


Supervisi, Mutu, Pendidikan



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i2.3001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.