MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)

Agus Firmansyah, Rio Kurniawan, Yumidiana Tya Nugraheni

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan antara lain: pertama, mengetahui implementasi penidikan kepanduan hizbul wathan di SD Muhammadiyah condongcatur. Kedua, megetahui struktur kurikulum dan standar kompetensi pendidikan kepanduan di SD Muhammadiyah condongcatur. Ketiga, mengetahui program-program penguat pendidikan kepanduan hizbul wathan serta kendala dan hambatan. Hasil penelitian menjelaskan bahawa pendidikan kepandaun hizbul wathan termasuk intrakurikuler yang dilaksanakan kelas satu sampai kelas enam. Kurikulum kepanduan hizbul wathan dibuat dan dikembangkan dari syarat kenaaikan tingkat dan syarat kecakapan pandu. Kegiatan kepanduan hizbul wathan dilaksanakan secara mingguan sebanyak 2 jpl. Program pendukung antara lain: gladian pimpinan kuntum, gladian pimpinan regu, ceria pandua athfal, dan kemah mandiri.


Keywords


pengembangan, kepanduan hizbul wathan, sekolah dasar.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i2.3096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.