MENGEKSPLORASI PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PENGETAHUAN ISLAM KALANGAN DIGITAL NATIVE

M. Mahbubi, Zahrotul Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan TikTok sebagai sarana pembelajaran pengetahuan Islam kalangan digital native. Tiktok menjadi platform media sosial yang diminati oleh generasi muda, dan penelitian ini mencoba untuk memanfaatkan popularitas platform tersebut untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan Islam di kalangan digital native. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini melibatkan akun- akun tiktok yang berisi konten pengetahuan islam dan 10 responden digital native yang terdiri dari mahasiswa dan siswa SMA yang aktif menggunakan TikTok. Data dikumpulkan melalui analisis konten terhadap akun-akun tiktok yang berisi pengetahuan islam, dan wawancara terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten pengetahuan Islam di platform TikTok dinilai cukup menarik oleh responden dan dapat membantu dalam sarana pembelajaran. Interaksi pengguna dengan konten tersebut juga cukup aktif, terutama dalam bentuk komentar dan like. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan TikTok sebagai sarana pembelajaran pengetahuan Islam kalangan digital native cukup efektif. Disarankan agar para pendidik dan pembuat konten untuk memanfaatkan platform ini sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Namun perlu diingat bahwa konten-konten yang diedarkan haruslah akurat dan sesuai dengan ajaran agama Islam.


Keywords


Tiktok, Pengetahuan Islam, Digital Native.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i2.3097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.