FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21

Juwita Puspita Sari, Neng Aisyah, Duski Ibrahim, Syarnubi Syarnubi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dan relevansi filsafat ilmu pengetahuan dalam konteks pembelajaran abad 21 yakni dengan cara memberikan pedoman praktis bagi guru dan pengambil kebijakan dalam mengintegrasikan filsafat ilmu pengetahuan dalam kurikulum dan metode pembelajaran yang relevan dengan tuntutan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature yakni dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan. dokumen yang berkaitan dengan permasalahan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa filsafat ilmu pengetahuan memiliki peran yang signifikan dalam pembelajaran abad 21. Integrasi filsafat ilmu pengetahuan dalam kurikulum pendidikan dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang sifat ilmu pengetahuan, metode ilmiah dan etika penelitian. Selain itu juga juga bisa membantu dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analisis dan reflektif siswa yang mana hal ini sangat penting dalam menghadapi kompleksitas dunia saat ini. Dengan mempertimbangkan implikasi sosial, etika, dan dampak teknologi dalam ilmu pengetahuan, siswa akan lebih siap untuk mnghadapi tantangan dan perubahan di era digital.


Keywords


filsafat; ilmu pengetahuan; pebelajaran abad 21



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto

togel online

bandar togel

dewagaruda

PAWPAW4D