PEMIKIRAN IKHWANUS SHAFA (RELIGIUS-RASIONAL) TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DI MASA KONTEMPORER

Nur Rahmadhani Sholehah, Maragustam Maragustam

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pemikiran ikhwanus shafa mengenai Pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas tentang pendidikan Islam jika ditinjau dari pola pikir filsafat ikhwanus shafa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan library research (penelitian kepustakaan) sumber datanya diperoleh melalui kajian pustaka dari buku dan jurnal terkait pemikiran ikhwanus shafa tentang pendidikan Islam. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan induktif, teknik analisisnya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukan, pemikiran Ikhwanus shafa terhadap pendidikan Islam. Tujuan pendidikan menurut ikhwanus shafa harus dikaitkan dengan keagamaan. Menurut ikhwanus shafa kurikulum pendidikan meliputi cakupan ilmu filsafat, ilmu logika, ilmu jiwa, ilmu-ilmu pasti, pengkajian kitab samawi, kenabian, ilmu syariat, dan ilmu-ilmu pasti. Metode pembelajarannya belajar dari hal yang konkrit menuju yang bersifat abstrak seperti metode pembiasaan, perumpaaan, pemberian contoh atau keteladanan. Relevansi pemikiran ikhwanus shafa di masa sekarang yaitu sama-sama mengedepankan pendidikan umum dengan pendidikan agama, metode pembelajaran saat ini yang mirip dengan konsep ikhwanus shafa adalah pembelajaran kontekstual.


Keywords


Pemikiran; Ikhwanus Shafa; Pendidikan Islam; Masa Kontemporer



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.