PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU SD AISYIYAH METRO LAMPUNG
Abstract
Hasil kerja guru masih menjadi salah satu parameter terpenting bagi keberlangsungan dunia pendidikan. Kinerja guru yang baik akan menghasilkan siswa yang baik, tetapi ketika kinerja guru menurun maka kemungkinan besar kualitas siswa juga akan menurun. Dalam prakteknya, sering dijumpai bahwa kinerja guru masih belum optimal karena berbagai faktor. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas guru di SD Aisyiyah Metro Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengetahui apakah faktor gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru berpengaruh terhadap efektivitas guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan survei atau kuesioner. Kemudian informasi yang diperoleh dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas dengan uji F dan uji T. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah diinformasikan, peneliti menyimpulkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru SD Aisyiyah Metro adalah 9 tahun, pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru SD Aisyiyah Metro sebesar 5%. Sedangkan gaya kepemimpinan dan komitmen guru berpengaruh secara gabungan terhadap kinerja guru SD Aisyiyah Metro dibuktikan dengan nilai R-squared sebesar 0,007. Artinya kinerja SD Aisyiyah Metro pada tingkat guru sebesar 7%. Peneliti menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan dan komitmen guru dapat mempengaruhi kinerja guru di SD Aisyiyah Metro Lampung. Dengan cara ini, kinerja guru meningkat ketika didorong oleh kepala sekolah dan komitmen guru meningkat secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i2.3364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.