STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA SISWA DI SD NEGERI 2 SUMBERPUTIH
Abstract
Permasalahan mengenai akhlak siswa yang mencerminkan krisis akhlak dan keterbatasan penggunaan metode pembelajaran, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menanamkan akhlak pada siswa agar akhlak siswa mengalami peningkatan lebih baik dari sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru PAI menerapkan beberapa metode untuk menanamkan akhlak pada siswa, seperti menjadi contoh yang baik, memberikan nasehat, memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, berpikir positif terhadap siswa, menumbuhkan literasi siswa dengan bahan bacaan relevan, menjelaskan konsep akhlak baik dan buruk, menggunakan metode kisah Islami, menerapkan metode latihan peran, dan melibatkan siswa dalam kegiatan kreativitas. 2) Motivasi yang diberikan guru PAI termasuk menggunakan figur yang baik seperti Nabi Muhammad sebagai contoh, memberikan nasehat yang membangun, serta cerita dengan nilai-nilai positif. 3) Kendala yang dihadapi guru PAI termasuk faktor dari diri siswa sendiri, pengaruh lingkungan pertemanan, media sosial, rasa malas siswa, keterbatasan waktu pembelajaran, dan fase pertumbuhan dan perkembangan siswa yang ditandai dengan rasa ingin tahu yang besar.
Problems regarding student morals reflect a moral crisis and limitations in the use of learning methods, so this research was conducted to find out the strategies used by Islamic religious education (PAI) teachers in instilling morals in students so that students' morals improve better than before. The method used in this research is qualitative with a descriptive analysis approach. Data collection techniques use observation, interview and documentation techniques. Meanwhile, data analysis is carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that: 1) PAI teachers apply several methods to instill morals in students, such as being a good example, giving advice, using technology as a learning medium, thinking positively towards students, growing student literacy with relevant reading materials, explaining the concept of good morals and bad, using the Islamic story method, applying the role training method, and involving students in creative activities. 2) The motivation given by PAI teachers includes using good figures such as the Prophet Muhammad as an example, providing constructive advice, and stories with positive values. 3) Obstacles faced by PAI teachers include factors from the students themselves, the influence of the friendship environment, social media, students' laziness, limited learning time, and the student's growth and development phase which is characterized by great curiosity.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i2.3624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.