PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAAN
Abstract
Fokus utama dari studi ini untuk menunjukkan pengaruh efektivitas metode tutor sebaya dalam meningkatkan pemahaman siswa-siswi pada subjek materi Kemuhammadiyaan di SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Metodologi yang dipakai dalam studi ini adalah pendekatan eksperimen kuantitatif dengan eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Studi terkait mencakup du akelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII Carbon dan kelas VIII Dubnium, masing-masing berjumlah 25 siswa-siswi. Kelas VIII Dubnium dikenakan metode tutor sebaya, sementara kelas VIII Carbon menggunakan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data adalah posttest yang terdiri dari pertanyaanpertanyaan serta pilihan jawaban. Data yang terkumpul dianalisa memakai uji normalitas, uji homogenitas, dan teori memakai uji t untuk sampel independen.Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa metode tutor sebaya berpengaruh signifikan dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa-siswi selama proses pembelajaran, mengurangi rasa jenuh, serta dapat meningkatkan pemahaman siswa-siswi. Dengan demikian, metode ini berpotensi mengoptimalkan pencapaian akademik peserta didik pada mata pelajaran Kemuhammadiyaan.
The main focus of this study is to show the influence of the effectiveness of the peer tutoring method in improving students' understanding of the subject of Muhammadiyah at SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. The methodology used in this study is a quantitative experimental approach with a Non-Equivalent Control Group Design experiment. The study included two classes as samples, namely class VIII Carbon and class VIII Dubnium, each consisting of 25 students. Class VIII Dubnium was subjected to the peer tutoring method, while class VIII Carbon used the conventional method. The data collection instrument was a posttest consisting of questions and answer choices. The collected data were analyzed using normality tests, homogeneity tests, and theories using the t-test. From the results of the analysis, it was concluded that the peer tutoring method had a significant effect on increasing students' active participation during the learning process, reducing boredom, and improving students' understanding. Thus, this method has the potential to optimize students' academic achievement in the subject of Muhammadiyah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i2.3657
Refbacks
- There are currently no refbacks.