IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 10 MANTUP LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampaun berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI-Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 10 Mantup Lamongan, sehingga perlu adanya alternatif dalam merancang model yang efektif. Salah satu model yang dianggap efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran tersebut mampu membantu siswa mengingat informasi penting dalam bacaan dengan cepat dan kreatif. Penelitian ini difokuskan kepada upaya meningkatkan kemampuan analisa dan berpikir kritis siswa melalui penerapan model PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebagai hasil penerpan model PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 25 orang dan 1 orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di dalam kelas. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, ditemukan bahwa sebelum model ini diterapkan hanya 12% siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan setelah dilakukan penerapan model ini siswa yang tadinya hanya 12% meningkat menjadi 80%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat setelah diterapkannya model PBL. Oleh karena itu, model PBL dapat digunakan sebagai alternatif dalam dunia pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara khusus dan mata pelajaran lainnya secara umum.
This research is motivated by the low critical thinking ability of students in a lesson in class XI-TKJ SMK Muhammadiyah 10 Mantup Lamongan, so there needs to be an alternative in designing an effective model. One model that is considered effective in improving students' critical thinking skills in the classroom is the problem-based learning (PBL) model. This learning model is able to help students remember important information in reading quickly and creatively. This study focused on efforts to improve students' analytical and critical thinking skills through the application of the PBL model. The purpose of this study was to obtain an overview of the improvement of students' critical thinking skills as a result of applying the PBL model. The research method used is qualitative method. The subjects in this study were 25 students and 1 subject teacher. Based on the results of data analysis, it is known that the application of the PBL model can improve students' critical thinking skills in the classroom. From the results of interviews and observations made, it was found that before this model was applied only 12% of students had critical thinking skills and after the application of this model students who were only 12% increased to 80%. This shows that student activeness increased after the application of the PBL model. Therefore, the PBL model can be used as an alternative in the world of learning.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i2.3674
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.