IMPLEMENTASI METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 GRESIK

Grezikha Azzahra Yusup, Hasan Basri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode Card Sort dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gresik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Siswa merasa lebih antusias dan aktif dalam proses belajar karena metode ini memungkinkan mereka untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok. Selain itu, metode ini juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan melakukan evaluasi formatif. Guru hanya berperan sebagai fasilitator, sementara siswa secara aktif mengelompokkan dan memahami materi yang diberikan. Oleh karena itu, metode Card Sort direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI.

This study aims to explore the implementation of the Card Sort method in Islamic Religious Education (PAI) learning for 8th-grade students at SMP Muhammadiyah 4 Gresik. The research uses a qualitative approach with a case study design. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The results show that the application of the Card Sort method significantly increases student motivation and participation in learning. Students feel more enthusiastic and active in the learning process, as this method allows them to engage in discussions and collaborate in groups. Additionally, this method facilitates teachers in delivering material and conducting formative assessments. Teachers act as facilitators, while students actively categorize and comprehend the provided material. Thus, the Card Sort method is recommended as an effective learning strategy to enhance the quality of PAI learning.


Keywords


metode card sort; motivasi belajar; pendidikan agama islam



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i2.3679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.