UPAYA MEMAHAMKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN KAJIAN MUSLIMAH PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 12 GKB GRESIK
Abstract
Kajian muslimah merupakan program pendidikan keislaman yang berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam serta membentuk karakter religious. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi dalam kegiatan Kajian Muslimah terhadap pemahaman agama Islam di kalangan siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 30 siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam Kajian Muslimah mampu meningkatkan pemahaman agama siswa dengan rata-rata skor pemahaman mencapai 79,6. Hasil korelasi antara partisipasi dalam kegiatan kajian dan peningkatan pemahaman agama menunjukkan hubungan yang sangat kuat dengan koefisien sebesar 1,000. Hal ini membuktikan bahwa semakin aktif siswa terlibat dalam program Kajian Muslimah, semakin baik pemahaman siswa tentang ajaran agama Islam. Oleh karena itu, partisipasi dalam kegiatan keagamaan yang terstruktur seperti Kajian Muslimah tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman agama, melainkan juga penting dalam membentuk karakter religius siswa secara lebih baik kedepannya.
Muslimah studies is a religious education program that plays an important role in increasing students' understanding of Islamic teachings and forming religious character This researchaims to analyze the influence of participation in Muslimah Studies activities on understanding of the Islamic religion among students at SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. sing a quantitative approach, data was collected through questionnaires from 30 students who participated in this activity. The research results showed that participation in Muslimah Studies was able to increase students' understanding of religion with an average understanding score reaching 79.6. The correlation results between participation in study activities and increased understanding of religion show a very strong relationship with a coefficient of 1,000. This proves that the more actively students are involved in the Muslimah Studies program, the better the students' understanding of Islamic religious teachings. Therefore, participation in structured religious activities such as Muslimah Studies is not only effective in increasing understanding of religion, but is also important in shaping students' religious character better in the future.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i2.3683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.