MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERDASARKAN UMMUL QURAN: PENDEKATAN FILOSOFIS DAN KONTEKSTUAL
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pendidikan Islam berdasarkan Ummul Quran, khususnya Surah Al-Fatiha, dengan pendekatan filosofis dan kontekstual. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang mendalami berbagai sumber terkait Al-Quran dan hadist, serta penerapan nilai-nilai Ummul Quran dalam konteks pendidikan. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan temuan-temuan yang diperoleh dari sumber-sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai spiritual dan moral dalam pendidikan sangat penting untuk membentuk karakter siswa secara holistik. Pembahasan menekankan perlunya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat, serta pengembangan kerangka kerja manajerial yang adil dan transparan untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif. Dengan mengacu pada Surah Al-Fatiha sebagai landasan, maka pentingnya niat baik dalam setiap tindakan pendidikan, serta perlunya perencanaan yang matang dan sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengelola lembaga pendidikan dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang berbasis pada nilai-nilai Ummul Quran untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam secara keseluruhan.
This article aims to analyze Islamic education management based on Ummul Quran, specifically Surah Al-Fatiha, using a philosophical and contextual approach. The method used is a literature study that delves into various sources related to the Quran and Hadith, as well as the application of the values of Ummul Quran in the context of education. Next, data analysis was conducted using descriptive methods to illustrate the findings obtained from literature sources. Research results show that the integration of spiritual and moral values in education is very important for shaping students' character holistically. The discussion emphasizes the need for collaboration between schools, parents, and the community, as well as the development of a fair and transparent managerial framework to achieve effective educational goals. Referring to Surah Al-Fatiha as the foundation, the importance of good intentions in every educational action, as well as the need for thorough planning in accordance with Islamic teachings. This research is expected to make a significant contribution to educational institution managers in applying management principles based on the values of Ummul Quran to improve the overall quality of Islamic education.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i2.3729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.