REVIVAL TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Sadam Fajar Shodiq

Abstract


Designing a learning, an educator is required to be able to formulate learning objectives clearly and firmly, so that the learning process is systematically well organized so that what is contained in the learning objectives can be as expected. The formulation of learning objectives should not be out of the procedure, must be based on graduate competency standards, core competencies, basic competencies and predetermined indicators. There are four procedures in preparing learning objectives, namely (1) audience; (2) behavior; (3) condition; (4) degree.


Full Text:

PDF

References


Ainiyah, Nur, 2013, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Al-Ulum, Vol. 13, No. 1.

Baderiah,“Pendidikan Islam Masa Reformasi” Al-Iqdam, Vol 2, No. 4.

B. Uno, Hamzah, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta:PT Bumi Aksara.

Dhaifi, Ahmad, “Perkembangan Kurikulum PAI di Indonesia”, Edureligia, Vol 01, No01.

Hanani, Silfia, 2016, Sosiologi Pendidikan Keindonesiaan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryanto, Budi, 2015, “Perbandingan Pendidikan Islam Di Indonesia dan Malaysia”, Adabiyah Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1.

Isri, Saifullah, 2015,”Konsep Pendidikan Jerman dan Australia; Kajian Komparatif danAplikatif terhadap Mutu Pendidikan Indonesia”, Jurnal Pendidikan Islam , Vol IV, No 1.

Koesoema, Doni, 2015, Pendidikan Karakter utuh dan menyeluruh, Jakarta: Kanisius.

Lembaga Pendidikan Fakultas Tarbiyah, 2009, Bahan Ajar DIKLAT Profesi GuruSertifikasi Guru, Pengawas dalam Jabatan Kuota 2009, Surabaya:Fakultas Tarbiyah.

Sahlan, Asmaun dan Prastyo, Angga Teguh, 2016, Desain Pembelajaran BerbasisPendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Samiudin, 2016, “Peran metode untuk mencapai tujuan pembelajaran”, Studi Islam, Vol11, No. 2.

Suyadi, 2014, “Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Lais Kecamatan LaisKabupaten Musi Banyuasin, Palembang: UIN Raden Patah.

Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan PendidikanTingkat Dasar Dan Menengah.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wagiran, 2010, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Menyiapkan Tenaga KerjaKejuruan Menghadapi Tantangan Global”, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v2i02.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web
Analytics View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.