Online Submissions
Already have a Username/Password for JURNAL LENTERA PENDIDIKAN PUSAT PENELITIAN LPPM UM METRO?
Go to Login
Need a Username/Password?
Go to Registration
Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.
Author Guidelines
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA[H1]
Lely Yuriana1, Handoko Santoso2, Agus Sutanto3
1Mahasiswa Magister Pendidikan Biologi UM Metro
2,3Dosen Magister Pendidikan Biologi UM Metro
Email : lely_yrn@yahoo.com[H2]
Abstract
NHT cooperative learning is a learning strategy with a number of students as members of small groups with different levels of ability. The emphasis is on developing elements of social interaction as well as skill enhancement, especially in working group motivation. The purpose of this study is to improve the activity and learning outcomes of students VIIH class MTs Darul A'Mal Metro City even semester Lesson 2105/2016 using the environment. It is a classroom action research carried out in 3 cycles using the Kemmis and Mc Taggart model research design. The stages of this study include the stage of planning, implementation of action, observation, and reflection. The data obtained in this study include the observation of student learning activities, test learning outcomes, the results of observation of learning activities and student responses to learning. The resulting test of the first cycle action was obtained by the percentage of classical completeness by 41%, the result of learning cycle II 55% and cycle III obtained 85.19%. While learning activity in cycle I obtained percentage 69,71%, on cycle II equal to 77.22% and cycle III the average activity is 81,03%. Based on the research results can be concluded that with the implementation of cooperative model Type NHT can improve student activity and learning outcomes and get excellent response from students.[H3]
Keywords: Activities, Learning Outcomes, Cooperative NHT, Environment[H4]
PENDAHULUAN
Pembelajaran adalah inti dari aktivitas pendidikan oleh sebab itu pemecahan masalah rendahnya kualitas pendidikan harus difokuskan pada kualitas pembelajaran. Komponen-komponen yang dapat memberikan kontribusi terhadap kualitas dan hasil pembelajaran yaitu peserta didik, guru, materi, metode, sumber belajar, sarana dan prasarana serta biaya.
Guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang selama ini berlangsung cenderung menggunakan cara konvensional, guru lebih dominan dan hanya menggunakan metode ceramah yang disertai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dibuku paket maupun LKS sehingga pembelajaran hanya berjalan satu arah yakni berpusat pada guru, dan kurang mengarah pada siswa, padahal dengan berlakunya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sekarang ini, pembelajaran diharapkan telah berpusat pada siswa untuk mencapai pembelajaran yang optimal. Keadaan dengan pembelajaran berpusat pada guru mengakibatkan siswa menjadi pasif dan guru sulit mengetahui apakah siswa sudah dapat memahami atau belum memahami dari materi yang telah disampaikan. Siswa yang pasif dan kurang aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran menyebabkan pembelajaran menjadi tidak bermakna bagi siswa dan siswa sulit untuk memahami materi yang disampaikan guru.
Pemilihan strategi pembelajaran menjadi bagian yang penting dalam upaya menciptakan pembelajaran yang aktif. Oleh karenanya setiap pertemuan pembelajaran perlu dirancang sebuah siklus pembelajaran yang menarik dan memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif. Penciptaan strategi pembelajaran yang beragam diharapkan dapat terus-menerus menjaga ketertarikan siswa pada setiap proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktifitas siswa adalah pembelajaran kooperatif yang salah satunya adalah model NHT, pada proses siswa lebih bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan karena dalam pembelajaran siswa dalam kelompok diberi nomor yang berbeda dan berbagi tugas atau berfikir bersama untuk mengkaji materi.
Terkait Kooperatif tipe NHT Sani (2014), menjelaskan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah model pembelajaran yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Model NHT diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif, semangat dan siswa tidak menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber informasi.[H5]
1. Rumusan Masalah[H6]
2. Tujuan Penelitian[H7]
3. Tinjauan Pustaka[H8]
METODE PENELITIAN[H9]
HASIL DAN PEMBAHASAN[H10]
Tabel 1. Ketercapaian Siklus I Pembelajaran Kooperatif NHT
Aspek | Target | Ketercapaian | Kriteria |
Aktifitas Belajar | 75% aktif | 69,71% | Belum tercapai |
Hasil Belajar | 75% tuntas | 41% | Belum tercapai |
Kegiatan pembelajaran | 75% baik | 58 % | Belum tercapai |
Respons siswa | 75% baik | 74,52 | Belum tercapai[H11] |
Penulisan Gambar.1 di tulis di bawah gambar menggunakan font 11
SIMPULAN
[H12]
DAFTAR PUSTAKA
Asnidar (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Himpunan di Kelas VII SMPN 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 01 Nomor 02, Maret 2014. Diakses: 5 April 2016.
Karwono dan Mularsih, Heni. (2012). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Raja Grafindo: Jakarta[H13] .
[H1]Judul menggunakan Font 14 Times New Roman
[H2]Nama Penulis jika lebih dari satu beri nomor urut sesuai nama dan institusi menggunakan font 10
[H3]Abstrak dalam bahasa inggris font 10 spasi 1 di tulis miring
[H4]Maksimal 5 kata kunci
[H5]Isi Spasi 1,5 dan maksimal 15 halaman
[H6]Tuliskan Rumusan dalam penelitian menggunakan kalimat tanya.
[H7]Tuliskan tujuan berdasarkan rumusan masalah
[H8]Berisi kajian teori yang dibahas dalam penelitian
[H9]Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian baik kualitatif, kuantitatif, ptk, dan R & D
[H10]Berisi hasil dan pembahasan dalam penelitian yang dilaksanakan
[H11]Pembuatan tabel pada hasil penelitian menggunakan font 10 dan tanpa garis vertikal
[H12]Simpulan berisi dari hasil ringkas yang didapat dari hasil penelitian
[H13]Daftar Pustaka mengunakan Format APA seperti dalam contoh. Daftar pustaka yang ditulis wajib ada di kajian pustaka dalam isi artikel. Minimal 10 Daftar Pustaka yang digunakan 10 Tahun Terakhir referensi yang digunakan.
Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
- The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
- The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
- Where available, URLs for the references have been provided.
- The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
- The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
- If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.