EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI
Abstract
Penggunaan video pembelajaran yang menjadi sarana utama saat ini diterapkan di Indonesia dalam dunia pendidikan di tengah masa darurat covid-19. Agar tetap menjaga keberlangsungan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui penerapan pembelajaran video interaktif berbasis RME pada mata kuliah Trigonometri (2)Untuk mengetahui optimalisasi capaian perkuliahan dengan menggunakan video interaktif berbasis RME pada mata kuliah trigonometri bagi mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Metro pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021. Sampel dengan cara purposive sampling di program studi pendidikan matematika semester 2 yang berjumlah 30 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara yang dianalisis secara interaktif berdasarkan Milles dan Huberman. Triangulasi teknik dan sumber digunakan untuk menguji kredibilitas data. Hasil angket respon mahasiswa diperoleh rata-rata keseluruhan butir angket yaitu 82,49 % sehingga diperoleh kategori positif. Hal ini menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan video interaktif berbasis rme yang telah berlangsung yaitu sudah cukup baik, seperti video berisi masalah terkait kehidupan nyata dan penyajian video menarik sebesar 78,8 % yang dibutuhkan oleh mahasiswa di awal perkuliahan untuk melihat materi yang akan dipelajari.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Satrio Wicaksono Sudarman, Ira Vahlia
View My Stats

Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.