Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

KONDISI INFRASTRUKTUR BIDANG PENDIDIKAN DI DESA ONAN LAMA, KECAMATAN PEGAGAN HILIR, KABUPATEN DAIRI

Lamtiurma Sinaga, Desi Natalia, Alfon Apriel Manullang, Julia Ivanna

Abstract


Penelitian ini membahas kondisi infrastruktur pendidikan di Desa Onan Lama, Kecamatan Pegagan Hilir, Kabupaten Dairi. Meskipun terdapat beberapa fasilitas pendidikan, kualitas dan kuantitas infrastruktur masih jauh dari memadai. Sekolah-sekolah di desa ini menghadapi tantangan serius terkait dengan kondisi bangunan yang kurang baik, kekurangan ruang kelas, dan minimnya fasilitas pendukung seperti perpustakaan dan laboratorium. Selain itu, desa ini juga menghadapi kekurangan tenaga pengajar berkualitas. Jumlah guru yang tidak memadai dan kurangnya pelatihan membuat standar pendidikan tidak optimal. Akses ke pendidikan juga menjadi masalah karena beberapa siswa harus menempuh perjalanan jauh dengan kondisi jalan yang buruk, terutama saat musim hujan. Untuk mengatasi masalah-masalah ini, diperlukan intervensi yang komprehensif dan berkelanjutan, termasuk perbaikan fasilitas fisik sekolah, penambahan ruang kelas, pembangunan fasilitas penunjang, serta peningkatan aksesibilitas melalui perbaikan infrastruktur jalan. Dukungan dari pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat setempat sangat diperlukan untuk merealisasikan inisiatif ini sehingga pendidikan di Desa Onan Lama dapat berkembang dengan lebih baik dan memberikan dampak positif bagi masa depan anak-anak di desa tersebut.


Keywords


education sector, infrastructure conditions

References


Afridoni, A., Putra, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13832–13838. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4402

Aris Munandar, Siti Nurholizah, Dinda Tria Artika, Siti Mahroja, Rada Nurholizah, Meli Anggraini, Indri Septia Nur Rahmawati, Sintia Agnes Monika, Hairun Najwa, A. Fikri Adetya, Adif Wiansyah, A. G. (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128–136. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229

Asha, A. A. (2014). Towards effective planning and implementation of the local development initiatives in Limpopo Province, South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(20), 398–408. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n20p398

Ayu Andani, N. (2020). EFEKTIVITAS PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN DANA DESA PADA DESA LIMBANG JAYA I KECAMATAN TANJUNG BATU TAHUN 2017-2019. 5, 173–198.

Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRUSUNA, 10(2), 351–370. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842

Basuki, A., Pengembangan, B., Daya, S., & Banten, M. P. (2021). Pembangunan Pendidikan Di Provinsi Banten. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 3(1), 99–114.

Dewi Evita, dan P. H. A. (2019). TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DESA DI DESA CANDIREJO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. 03(02), 287–299.

Hardianto. (2020). Manajemen Pendidikan : Landasan Manajemen Pendidikan (Issue May).

Hasanah, N., Nur, M. A., Rahmatillah, S. A., Darwisa, D., & Putri, K. H. (2024). Analisis Faktor Penghambat dan Upaya untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3162–3169. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3769

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363

Nurharirah, S., & Effane, A. (2022). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219–225.

Nurokhmah. (2021). Program Indonesia Pintar (PIP): Implementasi Kebijakan Kesejahteraan dalam Upaya Meningkatkan Angka Partisipasi Pendidikan. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 2(1), 37–48.

Pohan, M., & Halim, R. (2018). Analisis Ketersediaan Infrastruktur Kesehatan Dan Aksesibilitas Terhadap Pembangunan Kesehatan Penduduk Di Provinsi Sumatera Utara. Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 16(1), 77–91.

Rika Megasari. (2014). PENINGKATAN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 5 BUKITTINGGI. 2, 636–648.

Rismayani, Eliana Ayu Lestari, N. N. U. B. T. (2021). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136–149. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v2i2.119

Saifuddin, R. (2019). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SINERGI KEBIJAKAN ANTARA PEMERINTAH PROVINSI, KABUPATEN, DAN KOTA. INOVASI PEMBANGUNAN –JURNAL KELITBANGAN, 7(3), 253–264. http://journalbalitbangdalampung.org

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Suyono, Ade Nur Triyani , Camelia, N. W. P. (2021). SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR SISWA. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 27(2), 32–41.

Warsilan, W., & Noor, A. (2015). Peranan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Implikasi pada Kebijakan Pembangunan di Kota Samarinda. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(2), 359. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i2.1444




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v9i1.3463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats



 

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.