PENGGUNAAN MEDIA DALAM MEMFASILITASI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Allyana Allyana, Suhailah Abnan, Yenni Atikah, Marlina Marlina

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengeksplorasi peran dan efektivitas penggunaan berbagai jenis media dalam memfasilitasi komunikasi pembelajaran pada anak usia dini. Minimnya partisipasi siswa dikarenakan media pembelajaran yang monoton serta tidak terdapat pengalaman nyata. Media seperti buku bergambar, alat peraga visual, musik, video edukatif, dan teknologi interaktif dianalisis dalam konteks kemampuannya untuk meningkatkan interaksi, pemahaman, dan ekspresi diri anak-anak. Penelitian yang relevan ditinjau untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan implikasi penggunaan media dalam setting pendidikan. Penelitian ini juga membahas tantangan dan peluang dalam menerapkan dan menggunakan media secara efektif untuk mendukung perkembangan komunikasi anak.

Keywords


komunikasi; anak usia dini; teknologi interaktif; media pembelajaran; visual

References


Aprinawati, I. 2017. “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1).

Arsyad, A. 2014. “Media Pembelajaran.” Raja Grafindo Persada.

Fikri, M. 2018. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTI.” Samudra Biru.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. 2022. “Understanding the Role of Digital Technologies in Education: A Review.” Sustainable Operations and Computers 3: 275–285.

Mardiah, W., Yuniarsih, T., & Wibowo, L. A. 2023. “PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA.” Oikos : Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Ekonomi 7(1): 153–163.

Maulina, R., Rusdiyani, I., & Fadlullah. 2022. “EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN.” Jurnal Tunas Siliwangi 8(2).

Munir. 2012. “Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial Agents and Chemotherapy (Vol. 8).” Alfabeta.

Nurgiantoro, B. 2018. “Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa.” UGM PRESS.

Sudjana, N., & Rivai, A. 2018. “Media Pengajaran.” Sinar Baru Algensindo.

Zaman, B. 2005. “Media Dan Sumber Belajar TK.” Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats



 

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.