PERAN MUSYRIF DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARABN DI MA'HAD AL IHSAN SURABAYA
Abstract
Musyrif di Ma’had Al Ihsan Surabaya memiliki peran strategis dalam mendampingi mahasiswa tidak hanya di lingkup keasramaan, tetapi juga dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Mereka membantu proses muroja’ah (pengulangan materi), penguatan akademik, serta pembinaan karakter mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peran Musyrif dalam meningkatkan hasil pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Musyrif berperan sebagai guru, pembimbing, dan teladan. Faktor pendukung antara lain adalah lingkungan belajar yang kondusif, komitmen Musyrif, dan hubungan yang harmonis dengan mahasiswa. Adapun faktor penghambat meliputi kurangnya kedisiplinan mahasiswa, keterbatasan kompetensi Musyrif, dan gangguan dari penggunaan media sosial.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andryannisa Az-Zahra Mahesya. (2023). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Sd Islam Riyadhul Jannah Depok” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora , Vol. 2 No.3.
Kurniawan Dimas, Skripsi, “Peranan Mualim Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Musyrif Dima’had Al-Jai’ah Ululk Abhsar IAIN Ponorogo Putra”, (Ponorogo, IAIN Ponorogo, 2020).
Mengenal Perbedaan Ma’had Dan Pesantren Sebagai Pendidikan Islam”. Kumparan.Com. Diakses. 12 Juni 2025. Https://Kumparan.Com.
Ningsih, Purwandri Okti, “Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Luas Persegi Dan Persei Panjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015 (Banjarmasin, UIN Antasari Banjarmasin, 2015).
Nurrita Teni. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat, Vol. 3 No.1 Juni 2018.
Purwanugraha Andri, Kertayasa Herdian. (2022). “Peran Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kualitas Pembelelajarandi SMK Farmasi Purwakart”, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 8 No. 1.
Ridwansyah Aswar, Skripsi: ”Peran Musyrif Dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Gombara”(Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2023).
Salamah Umi, Purwanto Bulan. (2020). ”Peran Musyrif Terhadap Kualitas Pendidikan Santri”, Tadrisuna, Vol. 3 No. 1
Septiani Dwi Anisya R. (2022). “Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca”, Jurnal Persada. Vol. 2.
Tinangen Megi Dkk. (2020). “Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa”, Jurnal Berkala Efisiensi, Vol. 20 No. 3.
Wijaya Andi Muhammad. (2019). “Upaya Musyrif Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim, Prosa PAI” Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, Vol .2 No. 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.