THE EFFECT OF VIRAL MARKETING ON BLACKBERRY MESSENGER APPLICATIONS ON CUSTOMER SATISFACTION THROUGH PURCHASING DECISIONS ONUNIVERSITY STUDENTS IN SIDOARJO

Mochamad Rizal Yulianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh viral marketing pada aplikasi Blackberry Messenger terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian pada mahasiswa perguruan tinggi di Sidoarjo. Hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa viral marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. Data penelitian ini dikumpulkan dengan kuisioner yang dibagikan kepada 180 responden di beberapa perguruan tinggi yang ada di Sidoarjo.  Dari data yang diperoleh kemudian dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis structure equation model dengan menggunakan aplikasi statistik SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa viral marketing pada aplikasi Blackberry Messenger berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian pada mahasiswa perguruan tinggi di Sidoarjo.


Keywords


viral marketing, kepuasan pelanggan, keputusan pembelian

References


Andhini, Natasya Putri, Suharyono dan Sunarti. (2014). Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian, Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.11 No.1.

Diawan, Nizar Satya, Andriani Kusumawati dan M. Kholid Mawardi. 2016. The influence of store athmosphere on purchase decision and its impact on costumer satisfaction.Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.30 No.1 Januari 2016 pp 8-16

Fransiska, Indah. (2015). The Influence of Experiential Marketing to Customer Satisfaction,Case Study Against Mujigae Resto Festival Citylink Bandung. Tesis Universitas Telkom Bandung Tidak Diterbitkan.

Haryanto, Agus Tri. Rajai 109 Negara, WhatsApp Takluk dari BBM di Indonesia. https://inet.detik.com/cyberlife/d-3439085/rajai-109-negara-whatsapp-takluk-dari-bbm-di-indonesia.Diakses tanggal 9 September 2017.

Kotler, Philip dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2015). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Kusumawati, Andriani. (2011). Analyzing the Influence of Experiential Marketing Customer Satisfaction and Loyalty: The case of Hypermart Malang Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1), pp 75-81.

Paragian, Yasser. Laporan: Mayoritas masyarakat Indonesia akses internet lewat perangkat. www.id.techinasia.com.Diakses pada tanggal 10 September 2017.

Priyandana, Andika. BBM, Tetap Nomor 1 di Indonesia! https://gintong.me/2017/09/09/bbm-tetap-nomor-1-di-indonesia. Diakses pada tanggal 9 September 2017.

Saputra, Trio Hendhi. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Hotel Ungaran Cantik di Kabupaten Semarang.Tesis Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Semarang

Tejasukmana, V. A., dan S. Sugiharto. (2014). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Konsumen The Vinnette (House of Bovin and Lynette) Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2 No. 1 Hal. 1-14, 2014.

Wahyuningtyas , Fatmawati Martha, Fauzi Achmad dan Arifin Zainul. (2017). The effect of experiential marketing on satisfaction and its impact on customer loyalty. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences (RJOAS), 1(61), January 2017. Pp 105-111.

Wardani, Atina Arlia. (2011). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Tesis Universitas Diponegoro Semarang Tidak Diterbitkan.

Wiludjeng, Sri dan Tresna Siti Nurlela. (2013). Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada PT. X. Proceeding Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013. Surakarta, 23 maret 2013. ISBN: 978-979-636-147-2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mochamad Rizal Yulianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.