PELATIHAN PENINGKATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MELALUI SCHOOL BRANDING DAN PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI ERA SOCIETY 5.0.
Abstract
ABSTRAK
Kehadiran era Society 5.0 untuk menyeimbangkan terknologi di era Revolusi Industri 4.0 yaitu bagaimana manusia memecahkan masalah terhadap perubahan era tersebut dengan berpikir kritis dan ide-ide kreatifnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melatih guru dan tenaga tata usaha untuk dapat meningkatkan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) melalui School branding serta meningkatkan mutu pembelajaran yang sesuai dengan era Society 5.0. di MA Muhammadiyah Boarding School kota Metro. Metode pengabdian ini adalah pelatihan langsung. Ada tiga tahapan PKM ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Pelatihan dalam pengabdian ini berhasil melatih guru dan tenaga staf untuk memulai membranding sekolahannya dengan School branding atau pencitraan sekolah merupakan pembeda atau penciri khas sekolah satu dengan sekolah lainnya, branding biasa dibuat dengan citra visual yang mudah direkam oleh khalayak ramai. Seperti logo sekolah, dapat dibuat ciri khas yang mudah dikenali. Selain itu school branding selanjutnya adalah melalui akreditas sekolah, prestasi siswa baik akademik maupun non akademik, program keahlian unggul sekolah serta.school branding melalui bahan ajar elektronik karena pembelajaran digital di era society 5.0 ini menjadi pioner utama untuk meningkatkan school branding dan meningkatkan mutu pembelajaran.
Kata kunci: Pelatihan guru, Sosiecty 5.0, bran sekolah, bahan ajar elektronik
ABSTRACT
The existance of the Society 5.0 era is to balance technology in the Industrial Revolution 4.0 era, namely how humans solve problems against changes in that era by thinking critically and creative ideas. The purpose of this service activity is to train teachers and administrative staff to be able to improve PPDB (New Student Admission) through School branding and improve the quality of learning in accordance with the Society 5.0 era. at MA Muhammadiyah Boarding School Metro city. This service method is direct training. There are three stages of this PKM, namely planning, implementation, and evaluation of activities. The training in this service has succeeded in training teachers and staff to start branding their schools with School branding or school imagery which distinguishes or characterizes one school from another, branding is usually made with visual images that are easily recorded by the general public. Like a school logo, it can be made an easily recognizable characteristic. In addition, the next school branding is through school accreditation, student achievement both academic and non-academic, school superior expertise programs and school branding through electronic teaching materials because digital learning in the era of society 5.0 has become the main pioneer to improve school branding and improve the quality of learning.
Keywords: Teacher training, Sosiecty 5.0, school branding, electronic teaching materials
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah G. 2019. Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Animate Cc Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sdn Poncol 01 Kota Pekalongan. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang, Universitas Negeri Semarang
Alfian K. 2018. Pengembangan Adobe Animate CC sebagai Media Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Lamongan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Ibrahim Malang.
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Ernawati, T., & Susanti. E-Modul IPA 2 untuk Pembelajaran Mandiri di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Mercubuana:Konferensi Pendidikan Nasional. 3(1) 107-114.
Harvianto, Y. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Prokes. 4(1). 1-7.
Kemdikbud. 2020. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Renstra Kemendikbud Menyongsong Era Society 5.0). Jakarta: Kemdikbud.
Muhfahroyin, M., Lepiyanto, A. 2021. Telaah Bahan Ajar Biologi melalui Learning Community pada Pembelajaran Kolaboratif Virtual di Masa Pandemi Covid-19. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi). 12 (1), 49-56.
Muhfahroyin, M., Susanto, E. 2018. The Implementation of E-Learning to Improve Students’ Virtual Activities. Journal of Physics: Conference Series. 1114 (1), 1-5.
Mustika. 2020. Strategi Membangun School Branding dalam Meninkatkan Daya Saing Sekolah di SMK DR. Soetomo Surabaya. Jurnal Manejerial Bisnis. 4(1). 11-19.
Wahyuningsih, S., Muhfahroyin, M., Lepiyanto, A. 2020. Pengembangan E-Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Prototype Hutan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. 5 (2), 19-31
Yusnaini, & Slamet. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. 2, 364–370.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i1.1878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
indexing by:
Supported by: