Edukasi Pengelolaan Limbah B3 Medis Padat COVID-19 Di RSD Dr. A Dadi Tjorodipo Kota Bandar Lampung

Prayudhy Yushananta, Mei Ahyanti, Nidia Hilda

Abstract


ABSTRAK

 

Pengelolaan limbah B3 medis padat COVID-19 yang kurang baik, berdampak pada penyebaran virus ke lingkungan dan risiko infeksi pada petugas kesehatan, terutama tenaga pengelola limbah medis. Pengabdian bertujuan memberikan edukasi tentang pengelolaan limbah B3 medis padat COVID-19, perlindungan terhadap risiko infeksi, dan membuat SOP. Pengabdian dilakukan dalam empat tahap, yaitu analisis situasi, persamaan persepsi, aksi dan evaluasi. Observasi dan FGD dilakukan untuk mengetahui permasalahan dalam pengelolaan limbah B3 medis padat COVID-19. Edukasi petugas menggunakan metode pembelajaran experiential, karenat telah memiliki pengalaman sebelumnya. Penyusunan SOP dilakukan bersama mitra sebagai panduan kerja. Pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi dengan cara observasi cara kerja petugas pada setiap tahapan pengelolaan limbah padat B3 COVID-19. Hasil pengabdian menunjukkan perbaikan pengelolaan limbah B3 medis padat COVID-19 pada setiap tahap pengelolaan limbah padat (sumber, pengumpulan, pengangkutan, dan penyimpanan), serta kepatuhan dalam penggunaan alat pelindung diri secara lengkap. Metode pembelajaran experiential mampu meningkatkan kemampuan petugas. Selain sebagai media pendidikan, SOP menjadi acuan dalam pelaksanaan pekerjaan.

 

Kata kunci: COVID-19, limbah B3 medis padat, SOP, metode experiential

 

ABSTRACT

The poor management of COVID-19 solid waste impacts the spread of the virus to the environment and the risk of infection for health workers, especially medical waste management personnel. This service aims to provide education about the management of COVID-19 solid waste, protection against the risk of infection, and making SOPs. Observations and FGDs were carried out to find out problems in the management of COVID-19 solid waste. Education uses experiential learning methods because they have previous experience. The preparation of SOPs is carried out with partners as a working guide. At the end of the activity, an evaluation was conducted by observing how the officers worked at each COVID-19 B3 solid waste management stage. The results of the service show improvements in the management of COVID-19 solid waste at every stage of solid waste management (source, collection, transportation, and storage), as well as compliance with the use of complete personal protective equipment. The experiential learning method can improve the ability of officers. Apart from being an educational medium, SOPs are a reference in carrying out work.

Keywords: COVID-19, hazardous solid waste, SOP, experiential methods


Keywords


COVID-19, limbah B3 medis padat, SOP, metode experiential

Full Text:

PDF

References


Andralista, D., Sari, N. P., & Marlina, H. (2021). Pengelolaan Limbah Medis Padat Diwilayah Kerja Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2020 Sistem Management Of Medical Solid Waste In The Midwife In The Puskesmas Pangkalan Kasai Districts. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(November 2020), 254–262.

Kemenkes RI. (2020a). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/537/2020 Tentang Pedoman Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dan Limbah Dari Kegiatan Isolasi Atau Karantina Mandiri Di Masyarakat Dalam Penanganan Coronavirus Disease (pp. 1–18). pp. 1–18. Indonesia.

Kemenkes RI. (2020b). Pedoman Pengelolaan Limbah Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Darurat dan Puskesmas yang Menangani Pasien Covid-19. Kemenkes RI, Jakarta, pp. 3–11. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). In L. Aziza, A. Aqmarina, & M. Ihsan (Eds.), Kementerian Kesehatan RI (1st ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI.

Narayana, V., Rudraswamy, S., & Doggalli, N. (2014). Hazards and Public Health Impacts of Hospital Waste. Indian Journal of Applied Research, 4(6), 384–386. https://doi.org/10.15373/2249555x/june2014/120

Nuraeni, R. (2019). Pendekatan Experiential Learning Pada Pendidikan Dan Pelatihan Program Keahlian Dan Sertifikasi Bagi Guru Smk/Sma Keahlian Ganda Pelaksanaan In 1 (Tatap Muka). TEDC, 11(2), 278–285. Retrieved from http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/cite/228/ApaCitationPlugin

O.Nyumba, T., Wilson, K., Derrick, C. J., & Mukherjee, N. (2018). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.1111/2041-210X.12860

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion dalam Penelitian Kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 117–127. https://doi.org/10.22435/bpsk.v16i2

Pertiwi, V., Joko, T., & Dangiran, H. L. (2017). Evaluasi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) Di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(3), 420–430.

Prihartanto, P. (2020). Regresion Model of Covid-19 Medical Hazardous Waste Generation Based on Maximum Beds Capacity of Regional Hospitals in DKI Jakarta. Jurnal Sains Dan Teknologi Mitigasi Bencana, 15(2), 107–113. https://doi.org/10.29122/jstmb.v15i2.4406

Purwanti, A. A. (2018). Pengelolaan Limbah Padat Bahan berbahaya dan Beracun (B3) Rumah Sakit di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10(3), 291–298.

Setyaningsih, R., & Andayani, S. W. (2020). Peningkatan higiene dan sanitasi melalui penerapan standard operating procedure (SOP). TAMAN VOKASI, 8(1), 86. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7315

Tri Susilo, A., Purwaningrum, R., & Rokhmad Hidayat, R. (2020). Pelatihan Konseling Traumatik Berbasis Experiential Learning Pada Konselor. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.492

Utomo, D. B., Sitepu, A. L., Mulyana, R., & Thoha, N. (2019). Dampak Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Peningkatan Kompetensi Operator Pembangkit. 5(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13241

Warsono, W., Antonio, Y., Yuwono, S. B., Kurniasari, D., & Suroso, E. (2021). Modeling generalized statistical distributions of PM2.5 concentrations during the COVID-19 pandemic in Jakarta, Indonesia. Decision Science Letters, 10, 393–400. https://doi.org/10.5267/j.dsl.2021.1.005

WHO. (2020a). Coronavirus disease (COVID-19) Situation Dashboard. Retrieved March 27, 2020,from https://experience.arcgis.com/experience/685d0ace521648f8a5beeeee1b9125cd

WHO. (2020b). Transmisi SARS-CoV-2 : implikasi terhadap kewaspadaan pencegahan infeksi. World Health Organization, 1–10.

WHO. (2021). Update on coronavirus disease in Indonesia.

Yolarita, E., & Kusuma, D. W. (2020). Hospital Medical Waste Management in West Sumatera during COVID-19 Pandemic. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(3), 148–160.

Yushananta, P., Rosita, Y., Ahyanti, M., Sujito, E., & Murwanto, B. (2021). Edukasi Kesehatan dalam Upaya Mencegah Infeksi dan Penyebaran COVID-19. Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Sinar Sang Surya, 5(2), 63–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/sss.v5i2.1651

Yushananta, P., Warsono, W., & Usman, M. (2021). COVID-19 in Indonesia : ARIMA-Based Short Term Forecasting. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(2), 2677–2687.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i1.1883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexing by:

   

 

Supported by: