Workshop Pelatihan Penyusunan Desain Aktivitas Pembelajaran Berbasis Media Digital Dalam Pembelajaran PPKN Sebagai Inovasi Sekolah Berkemajuan

Fatimah Fatimah, Dedy Ari Nugroho, Muhammad Kamil Ridha, Mutiara Shaffira

Abstract


ABSTRAK

manajerial merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya, salah satunya adalah kompetensi digital di era saat ini. Penting untuk memberikan bekal pemahaman serta praktik kepada guru untuk meningkatkan kemampuan kompetensi digitalnya. Salah satunya adalah melalui workshop yang diselenggarakan ini, dengan bertujuan memberikan wawasan berupa pengetahuan dan pemahaman kepada guru dalam menggunakan media digital dalam proses pembelajaran di sekolah khususnya pada pembelajaran PPKn untuk mewujudkan inovasi sekolah yang berkemajuan. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan workshop dengan dua metode yaitu dengan metode kelas atau materi dengan memberikan materi disertai dengan diskusi atau komunikasi dua arah dan praktik menggunakan media digital serta membuat konten pembelajarannya disana, dengan memanfaatkan tiga jenis media yaitu video, podcast audio dan e-modul. Tentu hasil yang didapat berupa meningkatnya motivasi dan skill guru dalam membuat inovasi pembelajaran yang berbasis digital sehingga menjadikan proses belajar mengajar dikelas lebih kreatif dan inovatif. Disisi lain juga membuat guru memiliki kesempatan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dengan berbasis digital.

Kata kunci : Kompetensi, Guru, Kompetensi Digital

ABSTRACT

Managerial is an essential ability that a teacher must possess in carrying out their duties, especially in the current era, where digital competence is of utmost importance. It is crucial to provide teachers with the knowledge and practical skills needed to enhance their digital competencies. One effective method for achieving this is through workshops, with the aim of imparting insights, knowledge, and understanding to teachers on the use of digital media in the school's teaching processes, particularly in the teaching of Civic Education (PPKn), to foster innovative and progressive school practices. The method employed involves conducting workshops using two approaches: the classroom method, where material is presented along with two-way discussions and practical exercises using digital media to create instructional content. Three types of media, namely video, audio podcasts, and e-modules, are utilized. The expected outcomes include increased motivation and skills among teachers in creating digital-based learning innovations, leading to a more creative and innovative classroom environment. Additionally, this approach provides teachers with opportunities to enhance the quality of their teaching through digital means.

Keywords: Competence, Teacher, Digital Competencies


Keywords


Kompetensi, Guru, Kompetensi Digital

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. 2017. Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 4, No.1.

Akhmad, F., & Fahruddin, I. 2016. Korelasi Antara Self Confidence Dan Personality Dengan Hasil Belajar Matematika. Disampaikan pada Semnas UNY. Universitas Negeri Yogyakarta.

Amajida, J. 2020. Pengembangan media mobile learning berbasis android pada materi himpunan siswa kelas vii di mts nu hasyim asyari 03 kudus tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Basicedu, 5(1), 47-64.

Anwari, T., Shodiqin, A., & Priyolistiyanto, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pemrograman Dasar Pascal. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 123-134.

Aswir., R. A.A.Gunadi., Hasanah Misbah., dan Zaitun. (2020). Workshop Literasi Digital dalam Pembelajaran Abad 21 untuk Guru-Guru Sekolah SMP dan SMA Se- Sukabumi. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS), 4(2), 143-156.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. 2019. Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif di Sekolah Dasar. Universitas Islam Kalimatan. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 5, Nomor 1.

Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. 2018. Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50-55.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 7(2).

Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4).

Simanjuntak, M.M (2022). Analisis Urgensi Penggunaan Literasi Digital dalam Pelaksanaan Pendidikan pada Masa Pandemi di Sekolah Menengah Perama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2599-2608.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953-13960.

Syahid, A.A., Asep Herry Hernawan., dan Laksmi Dewi. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3), 4600-4611.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v7i2.2789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ndexing by:

   

 

Supported by: